.NEWSPERISTIWASUMUT

5 Meninggal dan 4 Luka Tertimbun Longsor

Jumat, 27 Agustus 2021, 08:38 WIB
Last Updated 2021-08-27T13:47:02Z

 

TNI/ Polri, BPBD Karo dan Basarnas melakukan evakuasi dan pembersihan material longsor di lokasi kejadian.

KARO-BERITAGAMBAR : 

Lima orang  meninggal dunia tertimpa musibah longsor di Gang Lau Bawang, Kelurahan. Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo, Kamis (27/8) malam sekira Pukul 22.40 Wib.

Sementara Empat orang mengalami luka luka. 


BPBD Karo telah menerjunkan satu unit alat berat untuk mengevakuasi bongkahan longsor di lokasi kejadian, Kamis (26/8). 


Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo SH SIK didampingi Kasatreskrim AKP Adrian Rizky Lubis SIK melalui Kasubag Humas Iptu Syahril Lubis SH ketika dikonfirmasi, Jumat (28/8) membenarkan peristiwa tersebut.


Dari data yang diperoleh di lokasi kejadian ke lima warga yang tewas tertimbun longsor diantaranya. Tia Monika Novi Sari br Silitonga (28) penduduk Jalan Krakatau Ujung Medan, Kasih Karolina br Tarigan (3), Anjel br Tarigan (5), Bumi Riski Aditia (2) dan Dewi br Marpaung (48) ke empatnya penduduk Kabanjahe.


Sementara ke empat korban yang mengalami luka luka diantaranya, Tutri br Silitonga (30) penduduk Medan, memgalami luka pada kaki sebelah kanan, Oktavius Tarigan (26) mengalami luka pada kaki sebelah kanan dan kaki kiri, Dedi Simbolon, (21), pendudul Medan, mengalami luka pada kaki sebelah kanan dan luka dibagian punggung, sedangkan Matius Sembiring (21) penduduk setempat mengalami luka pada kaki sebelah kiri.


Dikatakan Syahril, dari keseluruh korban yang meninggal dan mengalami luka luka akibat tertimbun longsor. Sebanyak empat rumah diketahui juga telah rata tertimbun longsor, diantaranya rumah milik Rudi Silalahi (27) Oktavinus Tarigan (26) Simarmata (42) dan Op Bumi br Marpaung (50)


Dari keterangan saksi Rudi Silalahi dan istrinya Junita br Saragih (27) yang mengaku melihat langsung peristiwa dilokasi kejadian menyebutkan, sekira pukul 22.00 Wib keduanya sedang membuat susu untuk anak anak mereka, tiba tiba mendengar suara gemuruh dari luar rumah, kemudian saksi membuka pintu rumahnya dan melihat tanah longsor sudah mendekati rumah nya.


Saksi Rudi langsung berteriak sambil menyelamatkan ketiga anak mereka segera keluar dari rumah. Dengan begitu saksi dan keluarganya selamat dari musibah longsor saat itu. Namun harta benda saksi tidak sempat diselamatkan, jelas Iptu Syahril Lubis SH.


Lanjutnya, setelah seluruh korban berhasil di evakuasi akibat tertimbun longsor, seluruh korban yang tewas dan mengalami luka luka kini sudah berada di RSU Kabanjahe. Sementara pihaknya bersama TNI, Basarnas, BPBD Karo dan warga masih berjibaku melakukan pembersihan material longsor dilokasi kejadian.


Sementara itu, Kabid Darlog BPBD Karo Natanail Perangin angin menyebutkan, pihaknya terus melakukan pembersihan lokasi dengan menerjunkan satu unit alat berat. Sedangkan untuk warga yang rumahnya tertimbun longsor, kini mereka menumpang di rumah keluarga mereka masing masing dan kita juga telah berkodinasi dengan Dinsos Karo untuk langkah berikutnya, jelas Natanail.(NG/BG)





TRENDINGMore