HUKUM NASIONALNEWSPERISTIWASUMUT

Kejaksaan Tangkap Tersangka Korupsi Proyek Taman Kota Kepulauan Tanimbar

Senin, 06 September 2021, 11:39 WIB
Last Updated 2021-09-06T04:40:26Z
Kejaksaan Tangkap tersangka kasus koruppsi proyek Taman Kota.



JAKARTA-BERITAGAMBAR:

Tim Tangkap Buron Kejaksaan Agung bersama Kejati Maluku menangkap tersangka korupsi dana proyek pembuatan taman kota dan pelataran parkir pada Dinas Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat Kepulauan Tanimbar, Maluku.  


Kasi Penkum dan Humas Kejati Maluku Wahyudi Kareba mengatakan tersangka ditangkap tim kejaksaan di Jakarta, 3 September 2021 dan sudah diterbangkan ke Ambon. 


"Tersangka berinisial HH alias Hartanto (58) ini diringkus tim Tabur di Jalan H Suaib I, Kebon Jeruk, Jakarta Barat sejak tanggal 3 September 2021 dan hari ini dibawa ke Ambon," kata Wahyudi di Ambon, Minggu (5/9).  


Tersangka HH alias Hartono (58) yang merupakan Komisaris PT Inti Artha Nusantara ini ditangkap setelah berulang kali dipanggil jaksa penyidik Kejati Maluku guna diperiksa sebagai tersangka.


Wahyudi menjelaskan tersangka selalu menggunakan berbagai dalih untuk menghindari panggilan jaksa, seperti mencari penasihat hukum hingga terpapar Covid-19.  


Sejak awal, Kejati Maluku sudah mengetahui tempat tinggal tersangka, yakni di Jalan Kendang Sari YKP 2/6 RT 001 Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya, Jawa Timur, dan satu alamat lagi di Jakarta.


Dalam kasus bernilai Rp 4,5 miliar, bos PT IAN itu ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lain yang saat ini mendekam di Rutan Kelas II Ambon, yaitu Kepala Dinas PUPR KKT Andrianus Sihasale, Wilma Fenanlampir selaku PPTK, dan Frans Yulianus Pelamonia selaku pengawas. 


Proyek Taman Kota itu menggunakan sumber anggaran dari APBD Kepulauan Tanimbar Tahun Anggaran 2017.


Berdasarkan hasil audit BPKP RI Perwakilan Provinsi Maluku, akibat perbuatan para terdakwa, negara mengalami kerugian hingga Rp 1,38 milliar.


TRENDINGMore