NEWSSAMOSIRSUMUT

Pirma Simbolon: Pemangku Kepentingan Bersinergi Bangun Samosir

Kamis, 23 September 2021, 10:13 WIB
Last Updated 2021-09-23T03:15:15Z

 

Perantau asal Samosir, Dr Pirma Simbolon

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :


Menanggapi perseteruan antara Bupati Samosir Vandiko T Gultom dengan Mantan Bupati Samosir 2016-2021, Rapidin Simbolon terkait usulan pembangunan jalan lingkar luar pesisir Danau Toba diterima Kementerian PUPR, para perantau asal Samosir meminta para pemangku kepentingan bersinergi membangun Kabupaten Samosir.



Hal itu disampaikan Mantan Ketua Yayasan Unika St Thomas Medan, Pirma Simbolon, kepada Wartawan, Kamis (23/9) melalui pesan WhatsApp.


Sebenarnya bagi rakyat tidak begitu penting siapa yang mengusulkan satu kegiatan atau proyek, yang terpenting bagi mereka adalah ada geliat pembangunan itu. 


Dengan adanya pembangunan sarana prasarana akan memudahkan masyarakat mengakses keperluannya baik perdagangan, pendidikan, kesehatan, pertanian dan atau kegiatan ekonomi lainnya. 


Pemimpin lama punya andil memulai, pemimpin baru (pengganti) menindaklanjuti. Yang lebih baik itu adalah peminpin lama membantu pemimpin baru. Saat ini belum saatnya pamer kehebatan atau pamer jasa. 


Rakyat tau apa yang sudah dikerjakan oleh pemimpin lama, dan tau juga apa yang sedang dikerjakan pemimpin saat ini. Kalau para mantan pemimpin selalu menyudutkan juniornya (penggantinya) atau bahkan menuduh "berbohong", kurang elok dibaca rakyat kecil,"ujar Akademisi STIE Jayakarta itu 


Persepsi rakyat kepada para mantan pemimpin yang seperti itu bisa berbalik dari simpati menjadi antipati. Sebagai pemimpin hendaknyalah menunjukkan sikap bijaksana supaya layak dikenang sebagai pernah memimpin.


Ketika Megawawati di awal berkuasa tidak balas dendam kepada mantan Presiden Soeharto dan keluarganya bahkan cenderung memaafkan, saat itulah nama Megawati Soekarno Putri dikenang sebagai pimimpin yang bijaksana dan membuatnya semakin disegani.


Sebaliknya, Saat SBY setelah selesai menjabat mulai mengkritik penggantinya dengan bahasa yang sangat santun sekalipun, saat itulah nama besar SBY menjadi terdegradasi dimata publik.


Yang di harapkan rakyat adalah para mantan pemimpin tetaplah bijaksana dan tidak mengumbar kebencian melalui kritik terbuka kepada penggantinya di area publik. Sangat tidak elok. 


Soal siapa yang berjasa untuk usulan proyek Pembangunan Jalan Lingkar Pesisir Danau Toba, tentu ada banyak pihak termasuk Bupati 2016 -2021, Instansi terkait, Bupati saat ini dan pihak pihak lain.


Semoga usulan tersebut dapat terealisasi untuk membuka konektivitas antar 7 kabupaten kawasan Danau Toba. (BG/NET)



TRENDINGMore