NEWSSAMOSIRSUMUT

Bupati Samosir Lantik Pengurus Lembaga Adat dan Budaya

Selasa, 19 Oktober 2021, 19:37 WIB
Last Updated 2021-10-20T02:42:40Z

 

Usai dilantik, pengurus Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Samosir bergambar bersama dengan Bupati Samosir Vandiko.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom,  melantik kepengurusan Lembaga Adat dan Budaya Tingkat Kabupaten Samosir yang digelar di Hotel Tyesza, Desa Unjur, Kecamatan Simanindo, Selasa (19/10). 


Pelantikan pengurus ini terlaksana setelah pengesahan hasil rapat komisi dan telah merumuskan sekaligus memilih pengurus berdasarkan hasil musyawarah.


Adapun Susunan Pengurus Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Samosir yang dilantik berdasarkan Keputusan Bupati Samosir Nomor 215 Tahun 2021 tanggal 19 Oktober 2021 adalah sebagai berikut:

Majelis Adat dan Budaya Partungkoan Adat Samosir 

Ketua : Pantas Marroha Sinaga

Anggota : Ober Gultom, Marhuale Simbolon, Sahat Siringo-ringo, Eben Ezer Situmorang.


Dewan Adat dan Budaya Partungkoan Adat Samosir.

Ketua : Max Donald Situmorang.

Anggota: Bernad Sidabutar, Tumpal Simbolon, Jefri Butarbutar, Toman Parhusip, Tumpak Situmorang, Jamanaek Nadeak, Loker Tamba, Jabela Malau dan Marudut Sinaga.


Lembaga Adat dan Budaya Partungkoan Adat Samosir.

Ketua Umum : Batahan Siringoringo, SE, MM

Ketua Harian : Mangiring Naibaho

Wakil Ketua: Martua Simbolon

Sekretaris Umum: Melani Butarbutar

Sekretaris I : Marizal Rumapea

Bendahara Umum: Rismawati Simarmata

Wakil Bendahara: Margaret CTP Parhusip

Ketua Bid. Organisasi dan SDM : Sinta Mauli Agnes Tamba

Ketua Bid. Hukum Adat, Patik dan Ugari: Jaubung Malau

Ketua Bid. Sejarah, Tradisi dan Habatakon: Lassani Sihotang

Ketua Bid. Adat dan Torsa: Dianto Situmorang

Ketua Bid. Pendidikan Umum, Bahasa dan Aksara Batak: Ida Susana Silitonga

Ketua Bid. Seni Budaya dan Ekonomi Kreatif: Ferri Sagala

Ketua Bid. Keamanan, Ketertiban dan Penegakan Hukum: Sungkun Sitanggang.


Ketua Umum Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Samosir terpilih Batahan Siringoringo,   mengatakan dirinya siap mengemban jabatan ini demi kemajuan Kabupaten Samosir.


 "Kepada seluruh jajaran pengurus untuk bekerja maksimal sesuai tupoksi dan wewenang masing masing untuk mendukung program pembangunan di Kabupaten Samosir secara umum dan pelestarian adat-istiadat dan budaya Bangso Batak khususnya,"ajaknya.


Bupati Samosir Vandiko T. Gultom,  menyampaikan selamat kepada pengurus Lembaga Adat dan Budaya Tingkat Kabupaten Samosir yang telah dipilih secara musyawarah dan terima kasih kepada Tim Formateur/Inisiator serta seluruh Tokoh Adat dan Budaya yang telah memberikan sumbangsih waktu, tenaga dan materi serta ide dan buah pikiran.


"Para pengurus terpilih agar berperan dalam peningkatan Harkat dan Martabat bangsa berlandaskan pada nilai-nilai luhur bangsa yang tumbuh dalam masyarakat khususnya Bangso Batak,"harap Diko. 


Terbentuknya lembaga ini merupakan salah satu wujud kekhususan dan keistimewaan Bangso Batak yang memiliki Aksara, Bahasa, Bendera dan Wilayah yang terbentang dikawasan Danau Toba.


Lebih lanjut, Bupati mengajak semua pihak untuk terus menatap kedepan dan merajut kembali peradaban Batak yang mulai tergerus dan terkikis. Kekayaan adat dan budaya yang telah diwariskan luluhur adalah modal kekuatan Bangso Batak di era modernisasi dan era digital yang bergerak pesat dan cepat. Maka dengan dibentuknya lembaga ini diharapkan akan semakin menguatkan fungsi dan peran pranata sosial dan pranata hukum adat yang selama ini mulai redup.



"Marilah kita membangun kembali kejayaan Budaya Batak yang selama ini mulai luntur dan tergerus di era globalisasi", ajak Bupati. (BG/TS)

TRENDINGMore