NEWSPARIWISATASAMOSIRSUMUT

Danau Toba Masuk Daftar 10 Danau Paling Mengagumkan di Dunia

Sabtu, 30 Oktober 2021, 20:58 WIB
Last Updated 2021-10-30T13:58:47Z
Media Australia memasukkan Danau Toba di Sumatera Utara sebagai danau paling mengagumkan di dunia. Selain itu ada 9 danau lainnya yang juga tak kalah cantik.


JAKARTA-BERITAGAMBAR :

Media Australia memasukkan Danau Toba di Sumatera Utara sebagai danau paling mengagumkan di dunia. Selain itu ada 9 danau lainnya yang juga tak kalah cantik.


Media Traveller Australia baru-baru ini membuat daftar danau yang dapat disebut luar biasa. Ada sejumlah faktor yang membuat danau itu disebut keren, antara lain ukuran, lingkungan di sekitarnya, ketinggian, kedalaman, dan satwa liar yang hidup di sana.


Dari sejumlah kriteria itu, terpilihlah 10 danau. Berikut ini daftarnya:


1. Laut Kaspia (Asia Tengah)


Meskipun namanya adalah Laut Kaspia, kenampakan alam ini sebenarnya adalah danau. Laut Kaspia merupakan danau terbesar di dunia yang berbatasan dengan Rusia, Azerbaijan, Iran, Turkmenistan, dan Kazakhstan.


Danau ini memiliki luas 370.000 kilometer persegi. Saking luasnya, dibutuhkan waktu 17 jam bagi sebuah kapal untuk menyeberanginya.


2. Danau Baikal (Rusia)


Jika Laut Kaspia adalah danau terluas, Danau Baikal adalah danau terdalam. Kedalamannya mencapai 1.642 meter. Danau ini juga merupakan danau air tawar terbesar di dunia.


Terbentuk di antara celah tektonik, Danau Baikal memiliki panjang 636 kilometer. Danau tersebut dikelilingi pegunungan di barat, utara, dan timur laut.


Wisatawan yang datang  ke sana tidak cuma bisa melihat keindahan danau tetapi juga mendaki gunung. Satwa liar seperti serigala dan beruang masih dapat ditemukan di sana.


3. Danau Ojos Del Salado (Argentina/Chili)


Ojos del Salado adalah gunung berapi aktif tertinggi di dunia dan gunung tertinggi kedua di Amerika Selatan.


Di sebuah kawah di dekat puncak ada sebuah danau permanen yang berdiameter 100 meter. Danau ini mengagumkan karena terletak di tempat yang tinggi yakni 6.390 meter di atas permukaan laut. Ini menjadikannya sebagai danau tertinggi di dunia.


4. Danau Titicaca (Peru/Bolivia)


Danau Titicaca tidak setinggi Danau Ojos del Salado tetapi ia masih termasuk danau tertinggi di dunia. Di sana terdapat banyak satwa liar termasuk burung dan katak yang unik.


Namun yang spesial dari danau ini adalah adanya situs Inca di sekitarnya. Untuk mencapainya, traveler bisa naik kapal feri pada ketinggian 3.812 meter di atas permukaan laut.


5. Danau Kariba (Zambia/Zimbabwe)


Danau Kariba adalah danau buatan manusia terbesar di dunia. Danau ini panjangnya 223 kilometer dan lebarnya 40 kilometer.


Danau ini dibuat dengan membendung Sungai Zambezi untuk skema pembangkit listrik tenaga air. Di dalam danau ini hidup berbagai spesies ikan. Di sekitarnya terdapat pondok safari dan kapal pemancingan.


6. Danau Toba (Indonesia)


Sebenarnya ada banyak danau yang lebih besar dari Danau Toba tetapi tidak ada yang sejarah terbentuknya semengerikan Danau Toba. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer.


Danau Toba terbentuk dari letusan gunung sekitar 75.000 tahun yang lalu. Letusan itu sendiri diyakini sebagai letusan terbesar dalam 25 juta tahun. Ilmuwan bahkan percaya, letusan ini hampir memusnahkan umat manusia.


7. Danau Eyre (Australia Selatan)


Danau Eyre adalah danau air asin terbesar di dunia. Luas permukaannya mencapai 9500 kilometer persegi ketika airnya sedang penuh.


Ketika banjir datang yang sering kali dipicu angin topan di Australia utara, ini menyebabkan ledakan pada satwa liar. Jika ingin melihatnya, pesawat Wrights Air menawarkan penerbangan wisata melintasi danau itu.


8. Danau Turkana (Kenya/Etiopia)


Danau Turkana dapat disebut sebagai dana gurun terbesar di dunia. Danau ini juga merupakan danau alkali terbesar di dunia yang airnya tidak dapat diminum.


9. Danau Malawi (Tanzania/Malawi/Kenya)


Danau Malawi adalah danau terbesar kesembilan di dunia berdasarkan volumenya. Tetapi ia juga memiliki keragaman spesies yang tinggi.


Salah satu spesies ikan yang paling banyak di sana adalah spesies keluarga cichild yang jumlahnya sekitar 700-1000. Pariwisata sangat berkembang di sana. Itu ditandai dengan berdirinya resor dan penyedia jasa selam di sana.


10. Danau Michigan (Amerika Serikat)


Yang terakhir adalah Danau Michigan di Amerika Utara yang mengandung sekitar 21 persen air tawar di permukaan bumi. Ada banyak kegiatan wisata yang dilakukan di sana, mulai dari hiking hingga menikmati taman hiburan.(dtt)

TRENDINGMore