DPRDNEWSSAMOSIRSUMUT

Komisi II DPRD Samosir Konsultasi Pertanian Terpadu ke Banda Aceh

Sabtu, 09 Oktober 2021, 14:04 WIB
Last Updated 2021-10-17T07:28:25Z

 

Komisi II DPRD Samosir, Kunker ke Kota Banda Aceh.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Terkait penerapan sistem pertanian terpadu, Komisi II DPRD Kabupaten Samosir melakukan kunjungan kerja ke DPRK Kota Banda Aceh, Kamis, (7/10) yang lalu.



Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Samosir, Polten Simbolon, mengatakan kunjungan ini, guna membahas pengelolaan pertanian terpadu di Kota Banda Aceh dan bagaimana Kota Banda Aceh memaksimalkan produk pertaniannya untuk memenuhi kebutuhan pasar di Kota Banda Aceh.


“Kita ingin mendorong petani di Kabupaten Samosir untuk menerapkan sistem pertanian organik atau pertanian terpadu dengan mengoptimalkan produktivitas agro-ekosistem secara alami yang mampu menghasilkan bahan pangan berkualitas dan berkelanjutan,” sebutnya.



Konsultasi ini diterima oleh Sekretaris DPRK Banda Aceh, Tharmizi, S.E., M.Si dan Sekretaris Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Kota Banda Aceh, drh. Mawardi Silvakarta.


Menyikapi hal itu, Sekretaris Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Kota Banda Aceh, drh. Mawardi Silvakarta mengatakan bahwa Banda Aceh senantiasa melakukan pendampingan berupa pelatihan dan membantu alat mesin pertanian (alsintan) guna membantu meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani.


Menurutnya, alsintan akan bermanfaat untuk mempercepat proses pengolahan tanah, masa tanam, dan masa panen. Sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi petani yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan.


“Kami terus memodernisasi alat-alat pertanian, agar pertanian kita semakin maju, mandiri, dan modern. Sehingga pemberian bantuan alsintan kepada petani memiliki tujuan untuk memudahkan kinerja para petani di lapangan,” urainya.


Ia juga menegaskan bahwa Banda Aceh mendorong sistem pertanian organik untuk didorong dalam bentuk dukungan kebijakan berdasarkan kajian empiris dan sinkronisasi peraturan perundang-undangan.(BG/TS)



TRENDINGMore