NEWSPERISTIWASUMUT

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Dukung Perbaikan Infrastruktur di Simalungun

Selasa, 19 Oktober 2021, 00:25 WIB
Last Updated 2021-10-19T00:28:42Z
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang saat melakukan kunjungan reses di kantor Bupati Simalungun.



SIMALUNGUN-BERITAGAMBAR : 

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang, mengatakan akan  membawa Komisi V DPR RI turun ke Simalungun untuk melihat kondisi infrastruktur jalan di tanah 'Habonaron Do Bona' Simalungun.



Harapan itu dikemukakan politisi PDIP itu  saat  melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Simalungun, Pamatang Raya, Senin (18/10). 


Junimart mengakui kondisi infrastruktur jalan di Simalungun banyak yang rusak, sehingga perbaikannya harus didukung semua pihak.



Dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu diterima Bupati Dan Wakil Bupati Simalungun, Radiapoh H Sinaga dan H. Zonny Waldi beserta Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani dan Kapolres Simalungun, AKBP Nicolas Dedy Arifianto. Kakan ATR/BPN Simalungun Jussen Faber Damanik, Sekda, pimpinan OPD dan camat se Kabupaten Simalungun.



Pada pertemuan yang digelar di Balei Harungguan Djabanten Damanik tersebut, Junimart meminta agar Bupati Radiapoh H Sinaga, tidak tinggal diam atau duduk manis saja menunggu anggaran dari provinsi, tetapi harus selalu berkomunikasi dengan pihak DPR RI demi perbaikan infrastruktur di Kabupaten Simalungun. 



"Lakukan komunikasi dengan pihak DPR - RI. Kita siap memfasilitasi untuk ketemu dengan pihak Komisi V DPR RI. Karena kalau kita mengharapkan anggaran provinsi, tentu provinsi juga mempunyai anggaran terbatas, jadi gak tuntas ini, yang bisa bikin tuntas hanya dari pusat," tegas Junimart, seraya berjanji akan membawa Komisi V DPR RI turun ke Simalungun untuk melihat kondisi infrastruktur jalan di tanah 'Habonaron Do Bona' Simalungun.



Selain masalah infrastruktur jalan, Junimart juga mengatakan akan menyelesaikan persolan pertanahan di daerah ini. Menurutnya, banyak persolan tanah yang harus dituntaskan, termasuk soal tapal batas antara Siantar - Simalungun.



"Masalah pertanahan, ini kan sifatnya sangat sensitif dan saya mengatakan bahwa tanah itu untuk rakyat. Negara tidak mempunyai hak untuk memiliki tetapi negara mempunyai hak untuk menguasai, kenapa dikuasai, untuk diberikan ke rakyat. Itu filosofinya," ujar Junimart. 



Sementara, Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga, mengapreasi kunjungan kerja Wakil Komisi II DPR RI tersebut di Bumi Habonaron Do Bona. Bupati mengharapkan semoga kunjungan reses ini menjadi berkah dan menjadi sarana komumikasi yang produktif untuk kemajuan Kabupaten Simalungun.



Selain itu Bupati juga menyampaikan harapannya kepada para anggota DPR RI yang berasal dari daerah pemilihan III termasuk untuk memberikan bantuannya melalui komunikasi dengan kementerian, membantu merumuskan kebijakan-kebijakan untuk setiap proses pelaksanaan pemerintahan,  pembangunan dan kemasyarakatan diseluruh  Kabupaten Simalungun. 



"Kita juga berharap kepada anggota DPR RI yang berasal dari dapil III, dapat membantu kita dikementerian-kementerian misalnya, untuk membangun Simalungun seperti infrastruktur jalan. Karena kalau mengharapkan dana dari APBD tentu belum mampu untuk mengatasi kerusakan jalan di Simalungun karena biayanya cukup besar mencapai triliunan rupiah," kata Bupati. 



Dalam kesempatan itu Bupati Simalungun menyampaikan untuk melakukan perpindahan kantor ATR/BPN Simalungun yang saat ini berada di kota Pematangsiantar untuk dapat dipindahkan ke Raya.



"Harapan kami tentu di Raya ini akan berdiri pusat-pusat bisnis, industri kedepan, termasuk juga mensentralisasi semua kegiatan pemerintahan di Pematang Raya untuk meningkatkan perkembangan perekonomian di Raya. Kami berharap Kantor ATR/BPN  ditempatkan di Kota Pamatang Raya, untuk lahan kami sudah siapkan," tandas Bupati. 



Bupati juga mengajak kepada seluruh masyarakat, untuk bersama-sama dan bersatu membangun Simalungun. " Saya siap selalu menerima kiritik dan pesan, mari kita lakukan komunikasi dengan baik untuk Simalungun lebih maju," harap Radiapoh.(BG/HD)




TRENDINGMore