ASLABNEWSPENDIDIKANSUMUT

Siswa SD Tidak Pakai Masker, Bupati Marah

Rabu, 22 Desember 2021, 07:54 WIB
Last Updated 2021-12-22T00:59:39Z
Bupati Batubara, Zahir mengingatkan  Guru di salah satu SD di Kabupaten Batubara karena Siswanya tidak memakai masker.


BATUBARA-BERITAGAMBAR :

Viral di media sosial (Medsos) Bupati Batubara, Zahir memarahi guru sekolah dasar (SD) akibat membiarkan murid tidak mengenakan masker.


Dalam video berdurasi 3 menit 20 detik tersebut, terlihat Zahir memanggil dua orang guru dan menanyakan terkait siswa yang dibiarkan tidak mengenakan masker. 


Belakangan diketahui sekolah dasar tersebut berada di Pematang Rambe, Kecamatan Nibung Hangus, Kabupaten Batubara. 


"Kenapa dibiarkan itu orang ga pakai masker," ucap Zahir dengan nada tinggi ke dua orang guru yang langsung ditimpal bahwa sudah diberi tahu, namun tidak digubris. 


Zahir mengatakan bahwa saat ini sedang ada virus baru yang menjadi fokus pemerintah. Dimana bila ada siswa yang kedapatan tidak mengenakan masker diminta untuk dipulangkan. 


"Jangan kasih sekolah, balikin ke mamaknya. Jangan sampai besok anak-anak ini diperiksa positif. Sekarang omicrom sudah masuk, ibu santai tenang disana," kata Zahir. 


Ia menyinggung terkait sekolah tatap muka yang sebelumnya diminta oleh tenaga pengajar, namun tidak mampu untuk menerapkan protokol kesehatan. 


"Kalau tidak mengenakan masker, gausah sekolah. Dirumah saja. Lebih aman begitu dari pada terbuka sekolah tapi kalau ga bisa kontrol untuk apa," hardik Zahir. 


Zahir juga memarahi guru laki-laki terkait cara memakai masker yang dimana diletakan di dagu, bukan di hidung.


"Masker di hidung, bukan di mulut. Cemana bapak jadi guru kok seperti itu. Bapak ini guru apa? Guru kelas pakai maskerpun ga tau," hardiknya lagi. 


Zahir mengancam akan menutup kembali sekolah tersebut dikarenakan tidak dapat tertib menjalani protokol kesehatan. 


"Tutup kelas ini, jangan ada pembelajaran. Sudah ditelpon kepala dinas pendidikan. Kalau besok mereka orang terjangkit, siapa yang tanggung jawab," katanya. 


Dalam video tersebut, Zahir terlihat menelepon seseorang yang diduga kepala dinas pendidikan Kabupaten Batubara.


"Pak Kadis, saya sudah menghimbau ke bapak, yang kepala sekolahnya ga mau sekolahnya dibuka, ditutup saja. Daripada yang datang tidak bermasker, bagus disuruh jangan sekolah anak-anaknya gitiloh," kata Zahir melalui jaringan telepon. 


Ia kembali menyindir terkait tidak membuka sekolah terlebih dahulu. "Kan saya instruksikan jangan buka sekolah. Kalian yang minta dibuka, tapi kalau begini tidak bisa menjaga protokol gausah dibuka," katanya. 


Dalam video tersebut Zahir mengkhawatirkan adanya kluster baru penyebaran covid-19. Dimana saat ini kasus aktif covid-19 di Kabupaten Batubara mencapai 0 kasus. 


. . 

TRENDINGMore