EKONOMINEWSPERTANIANSUMUT

Pembangunan Taman Sains Teknologi di Humbahas Dimulai

Kamis, 23 Desember 2021, 20:41 WIB
Last Updated 2021-12-23T13:43:34Z

 

Menko Marivest Luhut Binsar Panjaitan didampingi Mentri Pertanian H Syahrul Yasin Limpo, Mentri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menandatangani prasasti peletakan batu pertama pembangunan TSTH2.


HUMBAHAS-BERITAGAMBAR

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertanian H. Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TST2H) di Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kamis (23/12). 


Selain tiga mentri, turut juga hadir, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempu Wetipo, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohing, Gubernur Lemhanas Agus Wijoyo, Kepala BSSN Hinsa Siburian, Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa, Kepala OR PPT BRIN Dadan Moh Nurjaman, Staf Khusus Menko Marves Lambok V Nattahands, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak. 


Beberapa tokoh dan pejabat tampak hadir dalam rombongan Menko Marves, Ephorus HKBP Pdt. Robinson Butarbutar, Andi Wijayanto, Sintong Panjaitan, Juniver Girsang, Bupati Pakpak Barat Franc Tumanggor, Rektor IT Del Amaldo Marulitua Sinaga. 


Rombongan disambut oleh Bupati Humbahas  Dosmar Banjarnahor, Wabup Humbahas, Oloan Paniaran Nababan, Kapolres Humbahas AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, Sekda Humbahas Tonny Sihombing, beserta Forkopimda. 


Menko Bidang Kemaritiman Dan Investasi RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya menyampaikan menyambut baik inisiatif Institute Teknologi Del (IT DEL) untuk membangun pusat penelitian di Humbahas. 


“Kami menyambut baik inisiatif Institut Teknologi Del (IT DEL) untuk membangun pusat penelitian herbal dan hortikultura di Sumatera Utara yang kemudian didukung oleh KLHK dengan memberikan ijin untuk mengelola kawasan hutan seluas ± 500 hektar,” kata Luhut. 


Dia juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung terselenggaranya Groundbreaking (peletakan batu pertama) Pembangunan TSTH2. 


“Telah banyak proses yang dilalui oleh KHDTK sampai dengan Groundbreaking, untuk itu, Saya mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah memberikan izin pengelolaan KHDTK kepada IT Del, mengesahkan RPJP, dan kelak akan membina IT Del dalam mengelola KHDTK," tuturnya. 


Luhut mengapresiasi dukungan Kementerian Pertanian dalam bentuk pelaksanaan survei tanah dan air, Kementerian ATR/BPN yang telah memberikan pengesahan kesesuaian kegiatan pemanfaatan tata ruang, BRIN, LPPM ITB serta IT Del dalam penyusunan Design Engineering Detail dan juga dokumen ANDAL TSTH2. 


Tak lupa, Menko Luhut juga mengungkapkan penghargaannya kepada  Pemerintah Kabupaten Humbahas serta Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan beserta Rektor IT DEL.  


Luhut berharap, TSTH2 akan mampu mendukung pelaksanaan food estate di tingkat nasional, menjadi pusat riset genomics di Indonesia yang bertaraf internasional, menjadi pusat riset obat herbal di Indonesia. "Saya berharap TSTH2 ini akan menjadi laboratorium berstandar internasional, serta sesuai dengan prinsip bangunan ramah lingkungan sehingga dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat," pungkasnya.

  

Bupati, Dosmar Banjarnahor menyampaikan bahwa Groundbreaking pembangunan fisik pusat penelitian herbal dan hortikultura dan kehadiran menteri di daerah TST2H merupakan kebanggaan bagi masyarakat Humbahas. Seperti mimpi di siang bolong bahwa akan terbangun pusat penelitian herbal dan hortikultura di Humbahas. Tentunya akan membawa kemajuan di daerah itu 


Selanjutnya, untuk peningkatan kualitas pelayanan RSUD Doloksanggul, Dosmar meminta Kementerian Kesehatan menaikkan Tipe RSUD Doloksanggul dari Tipe C naik menjadi Tipe B lengkap dengan sarana prasarana kesehatan dan dokternya, meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mencabut status lahan gambut di Kecamatan Doloksanggul, juga meminta Kementetian PUPR membangun jalan diseluruh Kecamatan di Humbahas dan jalan penghubung dari Humbahas ke Kabupaten tetangga, demikian juga permintaan ke Kementerian Pertanian untuk membantu bibit jagung unggul lengkap dengan sarana prasarananya sehingga Humbahas sebagai sentra jagung Nasional. 


Dia mengatakan, pihaknya bersama masyarakat sangat merindukan perhatian pembangunan dari pemerintah pusat di daerah tersebut demi kesejahtraan masyarakat. (BG/REL)

 

TRENDINGMore