NEWSPERISTIWASUMUTTAPANULI

Humbahas Gelar Pasar Murah Minyak Goreng

Jumat, 28 Januari 2022, 12:55 WIB
Last Updated 2022-01-28T05:55:20Z
Dinas Kopedagin Humbahas bersam PT. MM melayani pembeli minyak goreng. 



DOLOKSANGGUL-BERITAGAMBAR : 

Dinas Koperasi, Perdagangan dan Industri (Kopedagin) Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas) kerjasama dengan PT Musim Mas (MM) gelar pasar murah minyak goreng yang dipusatkan Jalan Merdeda Doloksanggul, tepatnya di depan Dekranasda Humbahas, Jumat (28/1). 


Kapala Dinas Kopedagin Humbahas, Radna Fride Marbun melalui Kabid Perdagangan, Ruth Anita Purba mengatakan, pelaksanaan pasar murah minyak goreng ini menyikapi keluhan masyarakat atas melambungnya harga minyak goreng dalam dua bulan terakhir. 


Dalam dua bulan terakhir, harga minyak goreng cendrung tinggi hingga Rp 20 ribu per Kg. Atas kondisi itu masyarakat kerap mengeluh. Meyikapi keluhan itu, Kopedagin Humbahas koordinasi dengan Pemprovsu sehingga kita difasilitasi melaksanakan pasar murah dengan PT MM. "Dalam pasar murah ini, minyak goreng diberikan Rp 14 ribu per Kg. Harapan kita, melalui pasar murah ini, masyarakat sedikit terbantu," ujarnya. 


Katanya, pasar murah minyak goreng ini diberikan kepada masyarakat dan pelaku UMKM. "Kuota pasar murah minyak goreng ini hanya  5000 liter. Pasar murah ini terbatas hanya satu hari," tukasnya. 


Dalam pasar murah ini, pembeli atau konsumen dilayani terbatas. Untuk rumah tangga hanya bisa diberikan 2 kg. Sementara pelaku UMKM lima Kg. "Karena kuota terbatas hanya 5000 liter, pembeli atau konsumen dibatasi. Sehingga lebih menyentuh masyarakat," katanya. 


Ruth menyampaikan, menetralkan harga minyak goreng, pihaknya akan menyurati pemerintah pusat sehingga pasar murah minyak goreng tidak hanya disubsidi di pasar modren. Namun menyeluruh di pasar tradisional. 


"Kebijakan pemerintah melakukan subsidi ritel minyak goreng di pasar modren belum bisa menyentuh masyarakat khususnya yang tinggal di desa. Sementara saat, ini harga jual minyak goreng maaih di level Rp 20 ribu per kg," ujarnya. 


Retni Marbun, pembeli minyak goreng di pasar murah Kopedagin mengaku sedikit terbantu. Dimana dalam dua bulan terakhir, mereka beli minyak goreng dengan harga Rp 20.000 per Kg. "Kita berterimakasih kepada Pemkab yang menjajaki pasar murah minyak goreng. Harapan kita pasar murah ini berlanjut hingga menyentuh semua masyarakat," pintanya. 


Lelo Ritonga, Asisten Manejer PT.MM kepada wartawan mengatakan, pasar murah minyak goreng ini atas instruksi pemerintah untuk membantu masyarakat. Khusus untuk Humbahas, pasar murah minyak goreng dilakukan terbatas hanya satu hari. (BG/HH) 



TRENDINGMore