ASLABNEWSPERISTIWASUMUT

Ketua DPRD Labura Lantik Jhony Siahaan Anggota DPRD PAW

Minggu, 16 Januari 2022, 11:03 WIB
Last Updated 2022-01-16T04:03:02Z

Ketua DPRD Labuhanbatu Utara Labura, Indra Surya Bakti Simatupang melantik Jhony Efendi Siahaan sebagai anggota DPRD PAW. 


AEK KANOPAN-BERITAGAMBAR :

Ketua DPRD Labuhanbatu Utara (Labura) Sumatra Utara (Sumut), Indra Surya Bakti Simatupang melantik Jhony Efendi Siahaan sebagai anggota DPRD Labura pergantian antar waktu (PAW). 


Jhony menggantikan koleganya dari Partai Amanat Nasional (PAN), Giat Kurniawan, yang diberhentikan karena kasus narkoba di Kota Kisaran, Asahan.


Pergantian antar waktu (PAW) ini dilakukan di gedung DPRD Labura, Jumat (14/1/2022). Dengan pelantikan tersebut, berarti baru dua anggota Dewan yang telah di PAW, dari lima yang beberapa waktu lalu terlibat kasus narkoba di Asahan.


"Ya, saya sendiri yang melantik. Rapat paripurnanya dilakukan jam 10.00 WIB (Jumat 14/1/2022)," kata Indra ketika dikonfirmasi wartawan, Sabtu (15/1/2022).


Indra mengatakan pelantikan ini dilakukan menyusul keluar nya surat keputusan Gubernur Sumut terkait pemberhentian Giat Kurniawan sebagai anggota DPRD Labura. Surat Keputusan tersebut dikeluarkan oleh Biro Hukum Setdaprov Sumut, bertanggal 6 Januari 2022.


Sebelum PAW terhadap Giat Kurniawan ini, DPRD Labura telah terlebih dahulu melaksanakan PAW terhadap Pebrianto Gultom. Pelantikan terhadap pengganti legislator Hanura itu dilakukan pada Jumat (27/8/2021).


Sementara tiga lainnya yaitu Khoirul Anwar Panjaitan (Partai Golkar), Jainal Samosir (Hanura) dan M Ali Borkat (PPP), belum di PAW hingga kini. Indra Simatupang mengatakan PAW dua anggota lainnya akan menyusul dalam waktu dekat ini.


"Rencananya untuk anggota yang dari Golkar dan Hanura akan di PAW pada bulan Januari ini. Itu berdasarkan surat yang telah masuk ke sekretariat dewan. Sedangkan untuk yang dari PPP kita belum terima kabarnya," kata Indra.


Pernyataan Indra ini dibenarkan oleh Ketua Fraksi Hanura DPRD Labura, Indra Sakti Dasopang. "Ya kalau untuk anggota kita yang dari Hanura, akan dilakukan bulan ini (Januari)," kata Dasopang yang juga merupakan wakil sekretaris Partai Hanura Labura ini.


Seperti diketahui lima anggota DPRD Labura, yakni Giat Kurniawsn (PAN), Pebrianto Gultom (Hanura), Khoirul Anwar Panjaitan (Partai Golkar), Jainal Samosir (Hanura) dan M Ali Borkat (PPP) ditangkap polisi pada Sabtu (7/8/2021) dini hari silam. Kelimanya ditangkap gegara penyalahgunaan narkoba.


Para anggota DPRD Labura tersebut diamankan Polisi dari sebuah tempat karaoke, di Kisaran, Asahan. Ketika itu polisi sedang melakukan Razia PPKM (Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

TRENDINGMore