NEWSPERISTIWASAMOSIRSUMUT

Wabup Samosir Apresiasi Pengukuhan Lembaga Adat Desa Salaon

Kamis, 20 Januari 2022, 20:28 WIB
Last Updated 2022-01-20T13:28:19Z

 

Wabup Samosir Martua Sitanggang, bergambar bersama dengan generasi muda usai pengukuhan Pengurus Lembaga Adat Desa Salaon 

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, mengukuhan lembaga adat di Tiga Desa yaitu Salaon Toba, Tonga-tonga dan Salaon Dolok Kecamatan Ronggur Nihuta, Kamis (20/1).


"Acaral ini merupakan pelestarian budaya yang patut dikembangkan dan diwariskan kepada generasi muda, dimana budaya merupakan kekayaan yang sangat berharga dan tidak ternilai," ujar Sitanggang.


Diharapkan, lembaga adat, tokoh adat untuk bergandengan tangan guna memelihara kearifan lokal sehingga kemajuan teknologi dan modernisasi tidak menggilas budaya adat Batak.  


Selanjutnya, Wabup menyampaikan dengan pelantikan lembaga adat di Bius Sitolu Hae horbo di Salaon menjadi momentum kebangkitan pelestarian adat. Lembaga adat diharapkan dapat melestarikan budaya dan kearifan lokal sebagaimana kebiasaan-kebiasaan nenek moyang terdahulu dengan menuliskan dan mendokumentasikan untuk diwariskan kepada generasi muda. (BG/RS)

TRENDINGMore