AGAMANEWSSUMUT

Gubsu Buka MTQ ke-37 Tingkat Provinsi

Selasa, 22 Maret 2022, 09:04 WIB
Last Updated 2022-03-22T02:04:10Z

Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi disaksikan Wagubsu Musa Rajekshah memukul bedug, sebagai dibukanya MTQ Propinsi Sumatera Utara.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XXXVIII Tingkat Provinsi Sumut di Kampus UIN Jalan Sutomo Medan, Senin (21/3). Dalam event tahunan ini, keberhasilan peserta (prestasi) diharapkan menjadi ukuran tingginya akhlak dan ketaatan umat.


Dalam sambutannya, Gubernur Edy Rahmayadi menyebutkan bahwa MTQ ke-38 tingkat provinsi ini penyelenggaraannya, sudah hampir separuh dari usia Provinsi Sumut. Karenanya, semakin baik bacaan dan pemahaman terhadap Alquran, masyarakat diharapkan berada pada derajat akhlak, sesuai tuntutan kitab suci.


“Kenapa saya sangat benar-benar mendukung ini, karena bersangkutan dengan akhlak. Saya tidak memungkiri, sejak 2018 sampai 2021, kita berada di seputaran 5 besar nasional, (bahkan) kemarin kita sempat masuk di nomor 3. Saya bukan membanggakan medali atau pialanya, tetapi (menjadikannya) ukuran tingkat akhlak dan ketaatan umat,” jelas Edy.

Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi, membuka MTQ Provinsi Sumatera Utara.


Sebab, lanjutnya, jika kandungan dalam Kitab Suci Alquran dapat diamalkan dengan benar, seharusnya tidak ada orang zalim. Jika ada, jumlahnya tidak banyak. Sebagaimana diajarkan Rasulullah Muhammad SAW, bahwa Islam sebagai Agama Rahmatan Lilalamin.


“Saya yakin, tuan guru saya para dewan hakim lebih paham dari saya dan bertindak sesuai dengan sumpahnya. Dengan ini, MTQ ke-38 Tingkat Provinsi Sumut saya buka,” pungkasnya.


Sementara Ketua Panitia MTQ ke-38 Provinsi Sumut yang juga Rektor UIN Sumut Syahrin Harahap mengatakan, pihaknya terus berusaha maksimal dalam penyelenggaraan event tahunan ini. Dan kali ini, MTQ yang dilaksanakan 21 - 28 Maret 2022, diisi dengan seminar internasional, menghadirkan para ahli Alquran, serta dimeriahkan dengan pameran dan food court di areal Kampus UIN Sutomo.


Usai membuka MTQ ke-38 Sumut, Gubernur dan Wakil Gubernur berkesempatan menorehkan tulisan tangan pada Mushaf Alquran Sumatera Utara yang akan diselesaikan dalam tahun ini. Keduanya membubuhkan kata awal di setiap juz di atas kertas yang sudah dihiasi kaligrafi sekelilingnya.(BG/LB)



TRENDINGMore