NEWSPERISTIWASUMUT

Populasi Ikan Cichlasoma Tinggi di Perairan Danau Toba, Ini Saran DPRD Buat Pemprovsu

Jumat, 15 April 2022, 13:20 WIB
Last Updated 2022-04-15T06:20:33Z

Sekretaris Komisi B DPRD Sumatera Utara, Ahmad Hadian.
 

MEDAN-BERITAGAMBAR :

Meningkatnya populasi ikan setan merah (cichlasoma labiatum) di Danau Toba menjadi ancaman serius bagi ikan-ikan endemik di danau itu. Apalagi ikan setan merah ini bersifat invasif dan kanibal.


Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) harus cepat tanggap mengatasi hal ini dengan berkoordinasi dengan pemerintah di Kawasan Danau Toba. Demikian ditegaskan Sekretaris Komisi B DPRD Sumatera Utara, Ahmad Hadian dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/4/2022)


"Kondisi ini telah mengancam populasi ikan endemik Danau Toba yaitu nila, mujair dan ikan mas sehingga membuat nelayan di kawasan itu resah karena terancam mata pencahariannya. Saya minta Pemprovsu melalui OPD terkait untuk cepat tanggap terhadap situasi ini. Segara ambil tindakan-tindakan realistis untuk menolong nelayan Danau Toba," tegas Hadian.


Ditambahkan Hadian yang juga alumni taruna perikanan ini, gubernur harus segera berkoordinasi dengan para bupati yang wilayahnya bersentuhan dengan perairan Danau Toba dan Balai Penelitian Perikanan Air Tawar untuk mencari solusi yang tepat. Biasanya alternatif solusi paling aman, sambung Hadian, dengan melakukan penangkapan secara massif ikan kanibal ini.


"Mungkin bisa dibuat semacam program khusus secara marathon. Agar program penangkapan ikan kanibal ini berlangsung secara berkelanjutan hingga keberadaannya benar-benar hilang, harus ada kegiatan lanjutan yang terprogram berupa usaha pasca panen. Hasil tangkapan ikan setan merah ini bisa dimanfaatkan menjadi bahan olahan yang bernilai ekonomis," kata Hadian.


Politisi PKS ini menjelaskan, kasus serupa pernah terjadi di beberapa tempat di Jawa. Pasca panen, ikan ini dibuat menjadi ikan asin, keripik, abon atau tepung ikan untuk bahan campuran pakan ternak. Dan yang lebih penting, secara bersamaan dengan program penangkapan, juga harus dilakukan penanaman kembali secara massal ikan nila atau ikan mas di Danau Toba ukuran di atas 5 cm agar tidak mampu dikanibal oleh ikan setan merah ini.


Dengan demikian, diharapkan secara bertahap populasi ikan setan merah ini akan terkalahkan, tandas Hadian. (BG/REL)

TRENDINGMore