NEWSPENDIDIKAN

USU Peringkat Enam Universitas Terbaik di Indonesia

Selasa, 12 April 2022, 15:45 WIB
Last Updated 2022-04-12T08:46:23Z

Universitas Sumatera Utara (USU) peringkat Enam terbaik universitas di Indonesia.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Universitas Sumatera Utara (USU) catatkan prestasi pada caturwulan pertama tahun 2022. USU meraih posisi 6 daftar universitas terbaik di Indonesia versi Scimago Institutions Ranking (SIR) 2022, naik satu tingkat dibanding tahun lalu yang berada di posisi 7. Secara internasional, USU juga memperbaiki peringkat dari sebelumnya di posisi 708 menjadi 620 atau naik 88 peringkat.


Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, mengatakan, hal ini menjadi penyemangat untuk USU. USU saat ini, kata Muryanto, tengah melakukan serangkaian transformasi untuk meningkatkan citra dan peringkat USU di dunia.


“Alhamdulillah, USU meraih peningkatan pada pemeringkatan yang dilakukan Scimago Institutions Rankings. Momentum ini harus dijaga demi kebaikan USU. Hal ini menunjukkan jika transformasi yang dilakukan telah menunjukkan progres dan hasil awal yang baik," kata Muryanto.


Muryanto menjelaskan, target ke depan USU akan menghasilkan 3.000 tulisan yang dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi juga berupaya mendorong sivitas akademika menghasilkan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan kemasyarakatan, sebut Muryanto.


Ketua World Class University USU Prof Dr Eng Himsar Ambarita ST MT menambahkan, USU akan terus fokus pada indikator penilaian. Dengan memenuhi persyaratan yang ada, ia berharap USU terus merangkak naik dalam pemeringkatan.



 

“Metodologi SRI didasarkan pada 3 indikator besar yaitu riset, inovasi dan societal. Kenaikan ini lebih didorong perbaikan di bidang inovasi dan riset. Hal ini menjadi modal yang sangat baik untuk peningkatan kinerja USU ke depannya,” kata Himsar.


Himsar menambahkan dengan pencapaian itu harapannya semua pihak lebih menggiatkan upaya transformasi yang sedang dijalankan. Hasil ini, jelas Himsar, dijadikan dasar untuk merumuskan program-program percepatan dan perbaikan pelayanan akademik di USU. Sebagai sebuah institusi USU harus mampu melakukan riset dan menghasilkan inovasi yang berguna bagi masyarakat, kata Himsar.

TRENDINGMore