EKONOMINEWSSUMUT

Harga Cabai Merah di Medan Rp72 Ribu Per Kg

Kamis, 09 Juni 2022, 13:55 WIB
Last Updated 2022-06-09T06:55:22Z
Harga cabai merah dipasar Kota Medan capai Rp72 Ribu Per Kg


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Harga sayur mayur dari mulai dari bawang merah hingga harga cabai melejit.


Terpantau harga cabai merah tembus hingga Rp 70 ribu per kilogram sejak sepekan terakhir.


Seorang pedagang sayur mayur di Pasar Petisah, Rusmala Sihombing mengeluh akibat harga cabai merah yang sudah melonjak sejak beberapa hari.


mengatakan pada akhir pekan lalu, ia masih menjual cabai merah di kisaran harga Rp 50 ribu, namun saat ini ia harus menjual cabai merah dengan harga Rp 70 sampai Rp 75 ribu per kilogram.


"Kita ambil dari pusat juga mahal belum ongkosnya. Kita ngejual pasti paling murah ya di harga Rp 70 ribu per kilogram, " ujarnya, Kamis (9/6/2022).


Selain harga cabai merah, bawang merah juga mengalami kelonjakan harga dari sebelumnya Rp 36 ribu, kini pedagang harus menjual dengan harga Rp 50 ribuan per kilogram.


"Bukannya untung kita begini harganya, karena pembeli juga sepi kalau harga segini, terlebih cabai dan bawang itu kebutuhan dapur setiap hari, mereka juga mikir-mikir mau membeli banyak, " tambahnya.


Seorang pedagang menyampaikan pemicu kenaikan harga cabai masih sama, gangguan pasokan yang paling utama.


Sehingga menyebabkan harga cabai merah dan bawang merah melambung tinggi. Ia juga mengaku dengan kenaikan kedua komoditas utama tersebut, ia mengalami kesulitan menjualnya.


Lebih lanjut, ia mengatakan disisi lain, kenaikan harga cabai merah di pulau jawa yang menyentuh 100 ribu per kilogram turut mengerek kenaikan harga cabai di wilayah Sumatera Utara.


Lonjakan harga cabai merah ini memperpanjang rentetan kenaikan harga sejumlah bahan pangan sebelumnya seperti telur ayam, daging ayam dan bawang merah. Dimana harganya juga terlihat mengalami kenaikan di pekan ini.


Sementara itu, harga minyak goreng pada hari ini terpantau mengalami penurunan.


Penurunan terjadi untuk minyak goreng kemasan berkisar Rp 500 hingga Rp 1000 per kilogram nya.



TRENDINGMore