NASIONALNEWSPERISTIWASUMUT

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Wafat, PDIP Sumut Sampaikan Duka Cita

Jumat, 01 Juli 2022, 15:04 WIB
Last Updated 2022-07-01T08:04:39Z

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo disebut meninggal dunia.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia hari ini. PDIP Sumut menyampaikan duka cita atas meninggalnya Tjahjo Kumolo.


"Atas nama Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut saya mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Tjahjo Kumolo, tokoh partai. Dan saya mewakili seluruh pengurus dan kader PDI Perjuangan se-Sumatera Utara menyampaikan duka yang mendalam,' kata Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon kepada wartawan, Jumat (1/7/2022).


Rapidin kemudian menyebut Tjahjo Kumolo sebagai salah satu pejuang yang ada di PDIP. Semangat Tjahjo dalam berjuang, kata Rapidin, menjadi teladan bagi kader-kader PDIP.



"Tentu perjuangan dan pengorbanan almarhum harus menjadi teladan bagi kita semua terutama kader PDI Perjuangan serta jiwa kepemimpinan beliau layak dijadikan contoh bagi kita semua," sebut Rapidin.


Rapidin tak lupa menyampaikan doa agar almarhum Tjahjo Kumolo diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Dia juga berharap agar keluarga yang ditinggalkan dapat tabah.


Sebelumnya diberitakan,MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang.


"Iya (meninggal dunia)," kata Junimart dikutip dari detikNews, Jumat (1/7/2022).


Tjahjo meninggal setelah mengalami perawatan di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Jenazah Tjahjo akan dibawa ke rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan.


Tjahjo Kumolo Sempat Dirawat

Untuk diketahui, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo sempat sakit. Politikus senior PDIP itu tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Tjahjo Kumolo tidak dalam kondisi koma saat menjalani perawatan.


"Betul Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit," ujar Sekretaris KemenPAN-RB Rini Widyantini kepada wartawan, Jumat (24/6).


Alami Infeksi Paru-paru

Sementara itu, putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, sempat menyampaikan ayahnya mengalami infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru. Saat itu, Tjahjo dirawat secara intensif.


"Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," kata Rahajeng saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (26/6).


Kendati demikian, Rahajeng memastikan kondisi ayahnya saat ini makin stabil. Dia membantah isu yang menyebut ayahnya mengalami koma.


"Sekarang kondisi Bapak sudah membaik dan cenderung stabil. Intinya bukan seperti yang beredar yang mengatakan Bapak koma atau tidak sadarkan diri, itu tidak benar," ujarnya.(BG/JK)


TRENDINGMore