NEWSPENDIDIKANSUMUT

Pemprovsu dan UT Teken MoU

Jumat, 01 Juli 2022, 19:32 WIB
Last Updated 2022-07-01T12:32:29Z
Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi dan UT melakukan penandatanganan MoU. 


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov Sumut dan Universitas Terbuka, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jumat (1/7). 


Adapun sebuah program yang digencarkan melalui kesepakatan bersama tersebut yakni untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia di Sumatera Utara.


Yaitu mulai dari para aparatur desa, para guru, lulusan SMA, serta masyarakat yang ingin menempuh Pendidikan berjenjang Diploma sampai Doktor, serta mengikuti Program Sertifikat yang ada di Universitas Terbuka (UT).


Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, mengatakan, dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman ini, Universitas Terbuka berharap dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.


Untuk saling bahu-membahu bersama Universitas Terbuka, bekerja bersama meningkatkan sumber daya manusia, khususnya di SDM Provinsi Sumatera Utara. 


"UT siap membantu dengan segala sumber daya yang dimiliki untuk kebaikan, kemakmuran, dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, " ujarnya.


Dikatakan Ojat dalam sambutannya, Universitas Terbuka merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh dengan metode _online pedadogic_ . 


Salah satu Visi Universitas Terbuka adalah meningkatkan kompetensi sumber daya manusia masyarakat Indonesia, untuk mewujudkan hal tersebut, Universitas Terbuka memiliki perwakilan di setiap daerah.


Unit Perwakilan di setiap daerah disebut Unit Belajar Jarak jauh (UPBJJ). Salah satu unitnya ada di Provinsi Sumatara Utara di sebut UPBJJ-UT Medan. 


Wilayah kerja UPBJJ-UT Medan ada di 33 kabupaten kota di Provinsi Sumatera Utara. UPBJJ-UT Medan juga memiliki 2 sentral layanan (SALUT) yang berada di Kabupaten Toba dan Kabupaten Nias Barat.


Dengan ditandatanginya Nota Kesepakatan bersama antara Pemprov Sumut dan Universitas Terbuka, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengapresiasi akan sistem belajar UT yang menetapkan metode _online pedadogic_ .


Menurutnya, dengan sistem pembelajaran tersebut mampu menjadi pilihan yang tepat bagi setiap orang yang memiliki mobilitas tinggi. 


"Universitas Terbuka ini merupakan pilihan bagi orang-orang yang memiliki waktu terbatas/sedikit, sehingga bisa mengambil peluang waktu tersebut. UT juga yang paling objektif, saya apresiasi dan berharap mahasiswa UT juga terus menambah ilmunya, " ujarnya. 


Edy juga berharap agar UT terus gencar mensosialisasikan dan mengenalkan tentang Universitas Terbuka kepada masyarakat luas. 


"Terus sosialisasikan mengenai UT, dan mari kita arahkan generasi penerus kita. Pak Rektor, tetap kembangkan anak-anak kita," pungkasnya.(BG/MED)

TRENDINGMore