ASLABNEWSPERISTIWASUMUT

5 Desa Dilanda Banjir

Kamis, 18 Agustus 2022, 16:13 WIB
Last Updated 2022-08-18T09:13:26Z
Camat Setia Janji kab Asahan Bambang Sujarwo, sedang meninjau lokasi banjir di Desa Silau Tua. Sampai saat ini kondisi banjir sudah menyusut disertai normalnya aliran sungai Bunut.


ASAHAN-BERITAGAMBAR : 

Akibat hujan deras volume air sungai naik dan meluap, mengakibatkan lima desa di tiga kecamatan Kab Asahan terendam banjir, namun kondisi ini sudah mulai membaik dengan normalnya kondisi sungai. 


Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Asahan, Kamis (18/8), bahwa yang terdampak banjir meliputi Kec Setia Janji (tiga desa), Desa Silau Tua mulai Dusun I hingga IV, dengan ketinggian air paling dalam mencapai 1.500 cm dengan merendam sedikitnya 200 rumah. Desa Sei Silau Tua, Dusun VII, dengan ketinggian mencapai 60 Cm, dan Desa Bangun Sari, dengan ketinggian mencapai 80 Cm. 


Kemudian Kecamatan Tinggi Raja, di desa Roworejo, dan Kecamatan Seidadap, Desa Seidadap 3/4, dengan ketinggian air mencapai 30 Cm dengan merendam 12 rumah.


"Itu data sementara, Tidak ada korban banjir yang mengungsi. Kita masih melakukan pengecekan lapangan," jelas Sekretaris BPBD Asahan Jhony H Sihotang. 


Untuk sementara ini, kata Jhony, berdasarkan BMKG terjadi curah hujan sedang, lebat yang dapat disertai petir, BPBD melalui Pusdalops meneruskan informasi Peringatan Dini berpotensi hujan tersebut kepada Kepala Desa dan Lurah agar masyarakat untuk waspada terhadap ancaman bencana.


"Kita tetap melakukan pemantau di wilayah Asahan, sehingga bisa mengantisipasi bencana sedini mungkin," jelas Jhonny. 


Di lain tempat Camat Setia Janji Bambang Sujarwo, dikonfirmasi, bahwa di tiga desa wilayahnya yang terendam banjir saat ini sudah mulai menyusut, karena normalnya kondisi Sungai Bunut kembali normal. Untuk langkah awal pihaknya, bersama Polsek Prapat Janji telah mendirikan posko kesehatan bagi masyarakat korban banjir.


"Sejauh ini tidak ada korban yang mengungsi," jelas Bambang. (BG/AS)




TRENDINGMore