DAERAHNEWSSUMUT

Bupati Taput Dorong Desa Hutajulu Jadi Desa Kemenyan

Selasa, 02 Agustus 2022, 13:25 WIB
Last Updated 2022-08-02T06:25:22Z

 

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, didampingi beberapa OPD berangkat ke Desa Hutajulu.

TAPUT-BERITAGAMBAR :

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, didampingi beberapa OPD berangkat ke Desa Hutajulu meninjau pembukaan jalan baru dari Sampinur ke Desa Hutajulu sekaligus monitoring pasar (Onan) Hutajulu dan meninjau pelatihan pupuk organik. Senin (1/8). 


Dalam kesempatan ramah tamah dengan warga Desa Hutajulu, Bupati Nikson Nababan mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dari warga Desa Hutajulu dan berharap agar budaya Marhottas yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.


"Sebagai Kepala Daerah, dari awal saya sudah merindukan bagaimana desa-desa ini bisa hidup dan warganya sejahtera. Untuk itu saya prioritaskan pembangunan infrastruktur. Di Kecamatan Parmonangan ini sudah beberapa desa yang sudah tuntas jalan dan jembatan serta listriknya. Untuk air minum harus dibenahi semua pipa yang ada di desa ini dan bedah rumah akan ditindaklanjuti tahun depan, mohon doa dan dukungan warga sekalian agar secepatnya terealisasi semua permohonannya yang belum tuntas," ujar Bupati mengawali.


"Besok akan dilaksanakan acara Marhottas yaitu Ritual memberangkatkan petani kemenyan, acara yang sudah tiap tahun dilaksanakan di Desa Hutajulu. Kita doakan besok acara budaya ini berjalan lancar, dan mari kita lestarikan bersama. Saya harap ritual Marhottas ini menjadi ikon desa Kemenyan di Desa Hutajulu Kecamatan Parmonangan," ujar Bupati menambahi. 


Bupati Nikson Nababan turut hadir sekaligus meninjau pelatihan pembuatan pupuk organik oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Tim Terpadu Percepatan Pembangunan yang dilaksanakan di Desa Hutajulu. 


"Jangan sampai Tapanuli Utara Krisis Pangan, malah kalau bisa kita jadi surplus. Bapak Ibu sekalian, kita harus semangat belajar pupuk organik dan mengaplikasikannya agar tidak tergantung pada pupuk kimia. Saya harap para petani jangan menyerah, tetap berproduksi dan mewujudkan Tapanuli Utara menjadi lumbung pangan. Pelatihan pupuk organik ini saya minta untuk diadakan bukan hanya di Desa yang saya kunjung tapi di semua Desa di Tapanuli Utara. Petani harus sejahtera, " tegas Bupati Nikson Nababan. 


Dalam pelatihan pupuk organik tersebut Bapak Sofyan Simanjuntak Kadisnaker Tapanuli Utara turut menjadi narasumber karena beliau adalah salah satu pembuat pupuk organik yang aktif yang digunakan dalam menanam anggur dan apple di tempat tinggalnya sendiri.


Pada kesempatan sebelumnya, salah seorang warga Desa Hutajulu Kamelita boru Silitonga menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas kunjungan Bupati dan program Pemerintah yang telah diterima oleh masyarakat Desa Hutajulu. 


"Terima kasih Bapak Bupati sudah membuka jalan dari Sampinur sampai ke Desa kami Hutajulu, sudah sangat lama kami cita-citakan, dan Bapak Bupati Nikson telah mendengarkan kerinduan kami, kami ikut bangga melihat Bapak dan rombongan bisa datang dengan kendaraan roda empat masuk ke Desa kami ini melalui jalan yang baru. Kami masih berharap bantuan bapak untuk perbaikan jembatan kami yang masih darurat karena itu juga akses yang dilalui anak-anak kami ke sekolahnya. Demi keselamatan anak-anak kami, warga Hutajulu kami mohon kiranya Bapak segera membenahi jembatan kami dan jalan yang dibuka bisa secepatnya di aspal. Kami sangat berterima kasih atas perjuangan bapak. Kami doakan selalu yang terbaik untuk bapak Bupati yang kami banggakan," ucap boru Silitonga.


Adapun Pembukaan jalan dari Dusun Sampinur ke Desa Hutajulu adalah sepanjang 7 Km x 7m.


Agenda kunker Bupati Taput beserta rombongan juga sekaligus acara Marhottas (Memberangkatkan petani kemenyan) yang akan diadakan pada Selasa (2/8/2022).(BG/TU)

TRENDINGMore