HEADLINENEWSPERISTIWASAMOSIRSUMUT

Karhutla di Samosir, Dishut Sumut Terjunkan Pemadam

Senin, 01 Agustus 2022, 14:14 WIB
Last Updated 2022-08-01T07:14:06Z

Terjadi kebakaran hutan dan lahan di pebukitan Danau Toba di Kecamatan Harian, Samosir.


SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Kawasan lereng perbukitan di  Danau Toba, persisnya di sekitar Desa Partungko Naginjang perbatasan di Desa Hariarapintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, kembali terjadi lagi.


Kebakaran sejak Sabtu (30/7) sore tersebut, dikabarkan masih berlangsung sejauh ini. Luas areal yang dilahap api telah mencapai sekitar 10 hektar.


Adapun lokasi kebakaran berdekatan dengan objek wisata favorit di kawasan Danau Toba, yakni Menara Padang Tele, yang selama ini menjadi spot wisatawan berfoto dengan latar foto pemandangan indah Danau Toba.


Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Sumut, Herianto, mengatakan pihaknya telah mengetahui karhutla tersebut. "Sudah sekitar 10 hektar luas lahan yang terbakar," kata Herianto menjawab konfirmasi wartawan, Senin (1/8).


Ia mengatakan telah menerjunkan petugas untuk upaya memadamkan api, yakni personil dari KPH 12 dan KPH 14. Karena, lokasi kebakaran berada di Unit KPH 13.


Namu Herianto meminta bantuan dari masyarakat setempat untuk ikut membantu pemadaman. Dari pihak TNI dan Kepolisian, juga ikut membantu peemadaman.


"Kita perlu bantuan juga karena memang kita ada kendala, kekurangan personil. Selain itu juga memang medannya sulit," ujarnya, sambil meminta bantuan dari BPBD.(BG/TS)



TRENDINGMore