NEWSPERISTIWASUMUT

Wabup Simalungun Hadiri Pembukaan Pemagangan Dalam Negeri Dukung 5 Destinasi Wisata Super Prioritas

Minggu, 21 Agustus 2022, 18:38 WIB
Last Updated 2022-08-21T11:38:05Z

Wabup Simalungun Hadiri Pembukaan Pemagangan Dalam Negeri Dukung 5 Destinasi Wisata Super Prioritas.

 

SIMALUNGUN-BERITAGAMBAR :

Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldy didampingi Kadis Tenaga Kerja Riando P Purba, dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menghadiri pembukaan (Kick Off) Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2022.


Secara resmi Kick Off Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2022 tersebut dilakukan oleh Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah di Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sumut, Sabtu (20/8/2022).


Program pemagangan Dalam Negeri Tahun 2022 dilakukan guna mendukung 5 Destinasi Wisata Super Prioritas (DWSP), yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Likupang, dan Labuan Bajo.


Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker), Ida Fauziyah dalam sambutannya menegaskan bahwa pengembangan 5 DWSP merupakan salah satu program unggulan pemerintah pada sektor pariwisata. Adapun salah satu bagian penting dari pengembangan 5 DWSP, yaitu penyiapan SDM pariwisata.


"Penyiapan SDM pariwisata ini sebagai unsur terpenting dalam meningkatkan kualitas produk dan jasa layanan yang mumpuni," ucap Menaker.


Menaker pun berpesan 3 hal agar kualitas SDM Pariwisata semakin meningkat, yaitu tata cara pelayanan yang berkaitan dengan bervariasinya kegiatan pariwisata, penggunaan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dalam bidang pelayanan, dan pengembangan sikap, perilaku, sopan santun, dan sebagainya.


Diungkapkannya, selain untuk meningkatkan kualitas, skill dan kompotensi, program pemagangan ini juga dinilai sangat efektif untuk mengurai ketidak sesuaian antara pendidikan dan pasar kerja.


Lebih lanjut Menaker mengemukakan bahwa, pada tahun 2022, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah melaksanakan program pemagangan yang difokuskan di 5 DWSP sebanyak 500 orang yang dilaksanakan di 62 perusahaan.


"Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Kementerian Ketenagakerjaan dalam peningkatan kualitas SDM pariwisata," ucapnya.


Menurut Menaker, senjak program pemagangan ini dimulai, sejak 2017 hingga 2021, sebanyak 15.400 pemagang telah selesai menjalankan proses magang.


"Sesuai hasil survey, 53 persen diantaranya diterima bekerja di perusahaan, 30 persen menjadi wirausahawan dan sisanya melanjutkan pendidikan," ungkapnya.


Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi Menaker yang senantiasa mengupayakan agar tenaga kerja Indonesia memiliki kompetensi. Pasalnya, untuk menuju Indonesia Emas pada tahun 2045 harus ditopang oleh SDM yang mumpuni dan berdaya saing tinggi.


"Saya mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Menteri Ketenagakerjaan dalam menyiapkan tenaga kerja muda melalui pelatihan vokasi dan pemagangan yang ditandai dengan pelaksanaan Kick Off Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2022, khususnya Pemagangan di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas," kata Menko Maritim, melalui virtual zoom.


Kick Off Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2022 itu ditandai dengan dengan penyerahan sertifikat komptensi kepada 5 perwakilan perserta, pemukulan gondang dan acara sosial lainnya. 


Tampak hadir dikesempatan itu Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (Bina Lavotas) Kemnaker Budi Hartawan, serta Ketua Persatuan Hotel dan Restouran Indonesia (PHRI) Simalungun Robert Pardede, Komisaris Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Parlindungan Purba dan dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan.(BG/SMG)

TRENDINGMore