MEDANNEWSSUMUT

Wali Kota Medan Upacara HUT RI Pakai Pakaian Adat saat Nikahi Putri Presiden Jokowi

Rabu, 17 Agustus 2022, 11:01 WIB
Last Updated 2022-08-17T04:01:56Z
Wali Kota Medan, Bobby Nasution menggunakan pakaian adat Batak Mandailing, saat menghadiri upcara HUT RI ke-77.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Wali Kota Medan, Bobby Nasution menggunakan pakaian adat khas Batak Mandailing, yang pernah digunakannya ketika nikahi Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu tahun 2017 silam, ketika mengikuti upacara HUT RI ke-77 di Lapangan Benteng Medan, Rabu (17/8).


Menurut Bobby Nasution, ia sengaja menggunakan pakaian adat khas Batak Mandailing, sebagai cerminan, bahwa Indonesia ini terdiri dari beragam suku dan budaya.


Bobby Nasution bilang, bahwa pakaian adat Batak Mandailing ini merupakan bagian dari satu diantara suku yang ada di Sumatera Utara.  


Dipilihnya baju adat Batak Mandailing ini karena menurutnya merupakan satu baju etnis Sumatera Utara yang sering digunakan oleh masyarakat seluruh Indonesia. 


"Ini pakaian, terakhir saya pakai 2017 bulan November saat pernikahan dengan istri. Jadi tentunya adat Mandailing ini salah satu etnis yang mengisi kehidupan di Kota Medan ini," kata Bobby Nasution. 


Menurutnya, adat Batak Mandailing ini bukan hanya terkenal dari pakaian adatnya saja.


"Adat Mandailing ini banyak kali, mulai dari masakannya, tariannya sering juga dipertontonkan, dan juga sering kita temui di sudut sudut Kota Medan, baik itu kegiatan ekonominya maupun dari seni kreatifnya," jelasnya. 


Untuk itu, dikatakan Bobby Nasution, dirinya memilih pakaian adat Mandailing di HUT RI ke-77 ini. 


"Artinya keberagaman di Kota Medan itu sangat banyak, bahkan bukan hanya dari sisi baju adat saja," jelasnya. 


Disinggung apa makna kemerdekaan bagi dirinya, Bobby Nasution mengatakan bahwa kita semua harus bisa mempertahankan kemerdekaan dengan cara kolaborasi.


"Yang pasti, kemerdekaan ini harus bisa kita gapai oleh para pejuang kemerdekaan, pendiri bangsa, bukan karena satu kelompok, bukan karena satu personal, tapi oleh keseluruhan kelompok, seluruh agama, seluruh etnis yang ada di Indonesia ini bersatu berkolaborasi," jelasnya.


Bobby juga memaknai HUT RI dengan sikap kesatuan.


"Pastinya saya juga memaknai pada ulang tahun ke-77 ini tentunya harus ada kesatuan Keberagaman itu menjadi potensi buat kita, bukan menjadi ancaman. Jadi kesatuan itu adalah poin utama," jelasnya.


Untuk itu, ia berharap dalam HUT RI ke 77 Kota Medan bisa menjaga semangat para pejuang untuk Kemerdekaan.(BG/MED)

TRENDINGMore