NEWSOLAHRAGASUMUTTABAGSEL

422 Orang Ikut Porsadin Di MTs YPKS Padang Sidempuan

Minggu, 11 September 2022, 17:21 WIB
Last Updated 2022-09-11T10:22:01Z

Ketua FKDT Padang Sidempuan Romando Yusrat Pulungan S.Pd (3 kanan depan) foto bersama dengan panitia dan peserta Porsadin FKDT Padang Sidempuan, Minggu (11/9). 


PADANGSIDIMPUAN-BERITAGAMBAR :

Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kota Padang Sidempuan gelar Pekan Olahraga Seni Santri Diyah Takmiliyah (Porsadin) Ke IV di Madrasyah Tsanawiyah Yayasan Perguruan Karya Setia (MTs YPKS), Minggu (11/9). 


Ketua FKDT Kota Padang Sidempuan Romando Yusrat Pulungan S.Pd mengatakan Porsadin FKDT yang dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan Masir MA diwakili Kasi Pakis Maralias MAg, Minggu (11/9) dihadiri Kakan Kesbangpol Padang Sidempuan Rahmat Timbul Lubis dan Kadis Sosial Padang Sidempuan Jupri. 


Porseni FKDT Padang Sidempuan yang bertema 'Santri diniyah sehat kuat cerdas berkarakter dan unggul', ucapnya, diikuti 422 orang peserta dari Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) se Kota Padang Sidempuan. 


Sedangkan jenis perlombaan terdiri dari Tahfiz Juz Amma, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Murottal Wal Imla, MTQ, Kaligtafi, Puisi Islami, Cerdas cermat, Lomba lari dan Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK). "Khusus MQK merupakan yang pertama digelar dalam Porseni FDKT Padang Sidempuan," tuturnya. 


Romanda Yusrat mengungkapkan bahwa Porsadin tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi sekaligus penguatan terhadap siswa MDTA untuk lebih giat belajar dalam menimba ilmu dan mengasah bakat maupun kemampuan karena penguatan SDM generasi muda Islam sangat penting. 


Menurutnya, FKDT sebagai wadah MDTA memiliki tanggungjawab untuk berperan aktif dalam melahirkan generasi muda cerdas yang memiliki skill serta."Kegiatan ini termasuk bentuk dukungan terhadap upaya mewujudkan Kota Padang Sidempuan sebagai kota pendidikan," ujar Ketua FKDT. 


Mengingat antusias siswa MDTA untuk mengikuti Porsadin cukup baik, FKDT Padang Sidempuan merencanakan untuk menggelar tingkat Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel)."Tahun depan (2023) akan digelar Porsadin dengan peserta se Tabagsel," katanya. 


Ketua Panitia Porsadin FKDT Kota Padang Sidempuan Makruf Amin didampingi SC panitia Hasmar Husein MPd dan Ketua Dewan Juri, Ardi Husein Hasibuan MSi menegaskan bahwa pemenang dari setiap jenis perlombaan tersebut diberikan piala dan piagam penghargaan. 


Kemudian pemenang Porsadin tersebut akan diutus mewakili Kota Padang Sidempuan untuk mengikuti Porsadin FKDT tingkat Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Padang lawas pada Oktober mendatang. (BG/PSP). 







TRENDINGMore