NEWSPENDIDIKANSUMUT

426 Mahasiswa IT Del Dikukuhkan

Minggu, 04 September 2022, 11:43 WIB
Last Updated 2022-09-04T04:43:17Z
426 Mahasiswa baru IT Del dikukuhkan dalam acara inagurasi.


TOBA-BERITAGAMBAR :

Sebanyak 426 Mahasiswa Baru dikukuhkan menjadi anggota keluarga besar Institut Teknologi Del (IT Del) lewat acara Inagurasi yang digelar di Gedung Serbaguna IT Del Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Sabtu (3/9).


Rektor IT Del, Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, S.T., M.InfoTech, mengucapkan selamat datang kepada 426 Mahasiswa menjadi anggota baru di keluarga Institut Teknologi Del.


Dia mengaku setiap kali bertemu dengan mahasiswa baru, ketika ditanya apa motivasi masuk IT Del, jawabannya ada 3, yakni; 1. Mendapat pendidikan yang berkualitas, 2. Menjadi manusia yang displin, berkarakter, mandiri dan bertanggung jawab, 3. Berwawasan luas di bidang teknologi dan berkontribusi dalam perubahan informasi.


“Merujuk pada motivasi ini maka anak-anak kami telah berada di tempat yang tepat. Karena gagasan-gagasan yang ditekankan kualitas, karakter dan kompetensi dengan pilar 3 M, MarTuhan (beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa), Marroha (bijak dan terampil di bidangnya), Marbisuk (berwawasan luas). Kiranya kita semua memberikan semangat kepada anak-anak kami mahasiswa baru dalam menjalani proses pendidikan di IT Del,” tutur Arnaldo.


Tak luput, Rektor Arnaldo juga mengungkapkan terimakasih kepada seluruh orangtua yang telah mempercayakan anaknya didik di kampus IT Del. Kedepannya, Arnaldo ingin mengajak para orangtua mahasiswa untuk berkolaborasi membina, mendukung dan menghantarkan anak-anak tersebut mencapai kesuksesannya.


Institut Teknologi Del, imbuh Arnaldo, saat ini sedang berada pada posisi sesuai rencana induk jangka panjang berada pada fase menuju institut yang berbasis reserch dalam mendukung inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan. Dalam upaya mencapai menjadi research institut itu, IT Del senantiasa melakukan pemuktahiran kurikulum pembelajaran, menerapkan metode Teaching Vactory, dimana saat ini IT Del telah dipercayai mengelola mengelola taman sains, taman herbal dan hortikultura.


“IT Del kini telah melakukan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak, baik nasional maupun internasional dalam bentuk usaha pengembangan kualitas dan kapasitas, juga meningkatkan jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi institusi dan masyarakat. Hal ini pula yang ditekankan menjadi Tema Inagurasi yakni Kolaboratif Innovation to Word,” imbuh Arnaldo.

Kepada para mahasiswa baru, setiap kali bertemu Arnaldo selalu berpesan bahwa mereka harus lulus sebagai alumni, dan berharap agar mengikuti proses perjalanan di kampus dengan baik hingga nanti lulus menjadi mahasiswa berkarakter, berkualitas dan inovatif. Mampu bersaing di dunia kerja dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan teknologi, seperti 2310 mahasiswa lulusan IT Del yang tersebar di dalam dan luar negeri.


Inagurasi Mahasiswa baru IT Del ini turut dihadir Bupati Toba, Poltak Sitorus. Dalam sambutannya, Poltak mengaku bangga dengan hadirnya Institut Teknologi Del di Kabupaten Toba.


“Berdirinya Institut Teknologi Del menciptakan warna baru dunia pendidikan di Kabupaten Toba. Dengan sajian layanan pendidikan yang berkualitas tidak kalah dengan layanan pendidikan di kota-kota besar Indonesia,” ujar Poltak.


Tak luput, Poltak juga mengungkapkan terimakasih kepada Letjen TNI Purnawirawan Luhut Binsar Panjaitan sebagai pendiri sekaligus ketua pembina yayasan IT Del karena telah memberikan hatinya untuk membangun generasi muda kawasan Toba.


Selaku Ketua Yayasan, Luhut Binsar Panjaitan meminta seluruh mahasiswa baru agar belajar dengan baik. Dia menunjukkan betapa besar peluang kerja di era digital seperti sekarang ini.


“Kalian anak muda yang sekolah ini, kalian harus berfikir bahwa kalian itu dibutuhkan ke depan dalam bidang teknologi yang begitu banyak, dalam bidang finance yang begitu banyak. Nah di sini kalian belajarlah dengan baik dan saya berharap bapak, ibu, orangtua dari anak-anak ini, didorong mereka ini,” ujar Luhut.


Dalam inagurasi ini turut diadakan kuliah umum yang dibawakan oleh CEO Capital A Tan Sri Tony Fernandes juga menjabat sebagai CEO Air Asia X dengan judul Innovation Start With Yourself-Believe. Diadakan juga penantangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan mitra strategis IT Del seperti, Capital A (Air Asia), Huawei, Bank Mandiri, PT Pertamina EP Zona 7 OGT Field, PT Aimtopindo Nuansa Kimia, PT Tekno Buana Globalindo.(BG/TB)






TRENDINGMore