DAERAHNEWSSUMUT

BPJamsostek Sidempuan Berikan Paket APD Gratis Kepada Perusahaan

Selasa, 27 September 2022, 15:44 WIB
Last Updated 2022-09-27T08:44:34Z

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Padang Sidempuan Dr Sanco Simanullang (baju putih), foto bersama dengan perwakilan perusahaan penerima APD gratis dari BPJamsostek,

 


P.SIDEMPUAN-BERITAGAMBAR : 

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Padang Sidempuan berikan Alat Pelindung Diri (APD) secara gratis kepada pemberi kerja atau perusahaan yang rentan terjadi kecelakaan kerja, Senin (26/9). 


Pemberian APD kepada pekerja di perusahaan yang memiliki resiko tinggi terjadinya kecelakaan kerja tersebut merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi promotif eventif Tahun 2022 yang digelar BPJamsostek Cabang Padang Sidempuan di ruang rapat BPJamsostek, Jl.Imam Bonjol, Aek Tampang, Padang Sidempuan. 


Sosialisailsi yang diikuti perwakilan sejumlah perusahaan di wilayah kerja BPJamsostek Cabang Padang Sidempuan dan diwarnai dengan pelatihan tentang keselamatan kerja menghadirkan Asisten Deputi Bidang Pelayanan BPJamsostek Wilayah Sumatera Bagian Utara, Ferama Putri secara virtual. 



Ferama Putri mengatakan bahwa layanan promotif dan preventif BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja saat bekerja dan salah satu upaya meminimalisir terjadinya resiko kecelakaan kerja tentu dengan memakai APD. 


Selain menjelaskan tentang upaya menghindari dan meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja, Asisten Deputi Bidang Pelayanan BPJamsostek Wilayah Sumatera Bagian Utara juga menjelaskan tentang persyaratan klaim kecelakaan kerja dan cara pelaporannya.  


Sebagai bentuk perhatian dan partisipasi BPJamsostek terkait dengan keselamatan kerja, ucapnya, BPJamsostek Wilayah Sumatera Bagian Utara telah mengirimkan APD untuk pekerja di perusahaan dengan tingkat resiko kecelakaan kerja yang tinggi. 


APD tersebut, paparnya diberikan secara gratis dan untuk perusahaan yang ada di wilayah kerja BPJamsostek Cabang Padang Sidempuan telah dikirimkan dan akan diserahkan BPJamsostek Padang Sidempuan. 


"Semoga dengan pemberian alat pelindung diri ini dapat meningkatkan keselamatan dalam bekerja dan terhindar dari Penyakit Akibat Kerja (PAK), "ujar Ferama Putri.


Setelah sosialisasi Promotif dan Preventif selesai, Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Padang Sidempuan Dr Sanco Simanullang ST, MT, IPM, ASEAN Eng. menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada 5 perusahaan dengan tingkat resiko kecelakaan kerja yang tinggi. 


Perusahaan yang menerima APD secara gratis untuk diberikan kepada pekerja tersebut yakni PT Macmahon Mining Services, Sumber Sawit Nusantara, PT Sangati Soerya Sejahtera, Sumber Tani Agung Resources, dan CV Mitra Marsada.


Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Padang Sidempuan Dr Sanco Simanullang ST, MT, IPM, ASEAN Eng mengatakan bahwa BPJamsostek tidak hanya memberikan manfaat 5 program saja, tetapi ada manfaat tambahan lainnya dan salah satunya promotif dan preventif. 


"Kami memberikan APD kepada perusahaan-perusahaan khususnya perusahaan yang memiliki resiko kecelakaan kerja yang tinggi merupakan sebagai bentuk rasa kepedulian kita mengenai pentingnya keselamatan dalam bekerja," ujar Dr. Sanco. 


Manfaat lainnya dari BPJamsostek, adalah RTW (Return To Work) yakni memberikan pelatihan kerja kepada karyawan yang terdapat alat fungsi tubuh yang hilang akibat kecelakaan kerja, perawatan dan pengobatan korban kecelakaan kerja yang diberikan secara gratis tanpa ada batasan biaya. "Kemudian juga ada manfaat beasiswa serta manfaat lainnya,"ungkapnya.(BG/PSP). 




 


 



TRENDINGMore