NEWSPERISTIWASAMOSIRSUMUT

Bupati Samosir Temui Konjen Tiongkok, Ajak Kerjasama di Bidang Pertanian dan Pariwisata

Sabtu, 10 September 2022, 07:08 WIB
Last Updated 2022-09-10T00:10:26Z

 

Rombongan Pemkab Samosir, bergambar bersama dengan Konjen RRT usai melakukan pertemuan.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Bupati Samosir Vandiko T Gultom melakukan kunjungan balasan ke Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Medan Bapak Zhang Min pada Kamis (8/9) di Rumah Dinas Jalan Cut Nyak Dien No. 5 Medan. Sebelumnya pada 12 Agustus 2022 Konjen RTT tersebut pernah berkunjung ke Samosir.


Konjen Tiongkok Zhang Min menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Bupati Samosir Vandiko T Gultom di Konjen Tiongkok beliau menyampaikan pada saat kunjungannya ke Samosir sangat tertarik melihat keindahan,budaya dan sejarah terbentuknya Samosir dari hasil letusan gunung Vulcano


Dijelaskan Jumlah wisatawan dari Tiongkok yang datang ke Indonesia rata-rata 20.000 wisatawan pertahun dan 90% berkunjung ke Bali sisanya ke tempat wisata lain salah satunya di Samosir, saya berharap wisatawan dari Tiongkok meningkat ke Samosir saya pasti akan ikut mempromosikan Samosir, hal yang mendukung peningkatkan kunjungan wisatawan yaitu kondisi Pandemi Covid dan Infrastruktur ujar Bapak Zhang Min.


Saya akan cari Kabupaten di RRT yang mirip dengan culture dan geografis dengan Samosir untuk menjadi “Sister City” untuk bertukar informasi dan teknologi terutama dalam bidang Parawisata dan Pertanian, sister City Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Guang Dong di RRT akan melaksanakan perayaan 20 tahun di momen itu akan kita bangun Sister City Samosir dengan salah satu Kabupaten di RRT.


Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyampaikan terimakasih atas undangan Konjen RRT di Medan kepada Pemkab Samosir dan sebelumnya meminta maaf ketika kunjungan Konjen ke Samosir Bupati Samosir tidak bisa bertemu dikarenakan lagi tugas di luar kota. Vandiko menyampaikan rasa senang dan bangga karena dari cerita Pak Konjen sangat memahami betul Samosir dan sangat tertarik melihat Samosir.


Dari penyampaian Bapak Zhang Min, Vandiko sangat tertarik melakukan kerjasama dengan konsep “Sister City” dengan salah satu Kabupaten yang memiliki ke miripan dengan Kabupaten Samosir. Perkembangan RRT sangat luar biasa dengan penerapan Teknologi dalam banyak bidang dan saya sangat tertarik bekerjasama dalam bidang Parawisata dan Pertanian ke RRT ujar Vandiko menambahkan.


Kami berharap besar Bapak Konjen RRT di Medan membantu mempromosikan wisata Samosir kepada masyarakat RRT yang jumlahnya sangat besar sehingga kunjungan wisata meningkat ke Samosir dan juga berniat belajar pengelolaan Pertanian dengan pemanfaatan Teknologi dimana Petani adalah mayoritas masyarakat Samosi, pada kesempatan tersebut Bupati Samosir mengundang Konsulat RRT dan staf bisa mengikuti dan menghadiri acara Samosir Ultra Marathon pada tanggal 17 September 2022 sembari menyerahkan undangan.


Diakhir pertemuan kedua belah menyampaikan agar pembicaraan-pembicaraan segera ditindaklanjuti dengan komunikasi lanjutan. Selanjutnya kedua belah pihak bertukar cindera mata. Tampak hadir mendampingi Bupati Samosir Sekda Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang dan beberapa pimpinan OPD dari pihak Konjen Wakil Konjen RRT di Medan dengan beberapa staf.(BG/TS)

TRENDINGMore