NEWSOLAHRAGAPERISTIWASUMUT

Pemkab Madina Peringati Haornas ke-39

Sabtu, 10 September 2022, 07:29 WIB
Last Updated 2022-09-10T05:14:27Z
Wabup Madina Atika Azmi Utammi jadi Inspektur Upacara dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39.


MADINA-BERITAGAMBAR : 

Wakil Bupati Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Atika Azmi Utammi Nasution menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 di Masjid Agung Nur Ala Nur, Jumat (09/09).


Haornas di Kabupaten Madina dibuka dengan jalan santai yang dimulai dari Titik Kuning Panyabungan hingga Mesjid Agung Nur Ala Nur.


Dalam sambutan Menteri Olahraga Zainudin Amali yang dibacakan Atika Azmi Utammi Nasution mengatakan bangkitnya ekonomi dan produktivitas masyarakat melalui olahraga setelah melewati keterbatasan aktivitas fisik selama masa dua tahun pandemi covid-19 menjadi momentum peringatan HAORNAS yang dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional.


Atika mengatakan kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan stakeholder olahraga untuk bersama-sama dalam mencetak juara di bidang olahraga dalam prosesnya sangatlah Panjang. Diawali melalui pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini, kompetisi secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan sport science.


Lahirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Design Besar Olahraga Nasional (DBON), Atika berharap mampu memberikan kontribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas yakni untuk mewujudkan Indonesia bugar berkarakter tangguh dan berprestasi dunia, bahkan olahraga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi, oleh sebab itu maka tema peringatan HAORNAS XXXIX Tahun 2022 ini adalah "Bersama Cetak Juara".


Selanjutnya untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional sebagaimana telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.


"Mari kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup, yang tentunya dalam pelaksanaannya saat ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Atika.


Kepada para pahlawan dan peraih penghargaan olahraga, Atika berdoa semoga tetap sukses dengan perjuangannya di dalam peningkatan prestasi dan minat masyarakat untuk berolahraga.


Melalui tema hari olahraga nasional (HAORNAS) tahun ini yakni "Bersama Cetak Juara", Atika mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu padu dan bersinergi guna membuka ruang seluas- luasnya bagi lahirnya bibit-bibit potensial olahragawan yang berprestasi baik skala daerah dan nasional untuk selanjutnya dibina, didukung dan dikembangkan menjadi atlet-atlet berprestasi ditingkat internasional sehingga bisa mengibarkan bendera Merah Putih di manca negara.


Atika pun mengungkapkan jika menumbuhkan budaya berolahraga tidak dapat tumbuh secara instan, akan tetapi melalui proses yang panjang dan berkesinambungan mulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga.


"Untuk itu dalam peringatan Haornas kali ini, saya mengajak semua keluarga baik didesa maupun diperkotaan untuk selalu menerapkan pola hidup aktif dalam aktifitas sehari-hari utamanya kegiatan berolahraga guna mendukung tercapainya kualitas hidup manusia Indonesia yang sehat dan produktif menuju Indonesia Emas 2045. Ayo jadikan olahraga sebagai budaya" pungkas Atika. (BG/MAD)



TRENDINGMore