EKONOMINEWSSUMUT

Gubsu Sampaikan Langkah Strategis Pengendalian Inflasi

Kamis, 01 September 2022, 20:44 WIB
Last Updated 2022-09-01T13:44:08Z
Gubsu Edy Rahmayadi menyampaikan berbagai langkah strategis upaya pengendalian inflasi di Sumut yang kini mencapai 5,6%, 


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan berbagai langkah strategis upaya pengendalian inflasi di Sumut yang kini mencapai 5,6%, kepada Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto. Ditargetkan bulan depan sudah mempelihatkan hasil.


Adapun beberapa langkah yang dilakukan Pemprov Sumut, antara lain, dengan intervensi APBD. Di antaranya Pemprov Sumut akan mengalokasikan anggaran untuk operasi pasar, bantuan UMKM berupa peralatan, bantuan bibit, alat dan mesin pertanian, hingga bantuan sosial.


Selain itu, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) juga rutin melakukan koordinasi untuk mencermati perkembangan dan mengambil langkah yang cepat. Berkoordinasi dengan Satgas Pangan untuk mengawasi perdagangan bahan pokok, agar tidak ada yang melakukan penimbunan, serta mengawasi perdagangan BBM.


Sementara itu, Menko Airlangga mengharapkan target inflasi di Indonesia berhasil ditekan hingga di bawah 5%. “Karena ini akan ada kenaikan inflasi impor dari energi,” kata Airlangga. 


Turut hadir pada rapat koordinasi tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, serta Gubernur se-Indonesia.(BG/MED)

TRENDINGMore