EKONOMINEWSSUMUT

Modernisasi Kilang Padi Diperlukan, Gubsu Tinjau Kilang Padi Modern di Sergai

Jumat, 02 September 2022, 08:18 WIB
Last Updated 2022-09-02T01:18:35Z
Gubsu Edy Rahmayadi mendengar penjelasan pengoperasian mesin kilang padi modern.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Modernisasi sistem penggilingan padi menggunakan mesin canggih menjadi satu jawaban untuk mempercepat produksi pertanian dan menyejahterakan petani. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) akan mendorong perluasan cakupan di berbagai daerah.


Hal itu disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat meninjau kilang padi di Dusun I, Desa Kotagaluh, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Selasa (31/8). Turut hadir Bupati Sergai Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan, serta sejumlah pejabat.


Diketahui kilang padi yang dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Dhirga Surya tersebut merupakan bagian dari program pembinaan petani padi bermartabat, dalam rangka pengadaan beras untuk Sumut Bermartabat.


Kilang padi yang menerapkan Sistem Resi Gudang (SRG) tersebut dilengkapi fasilitas Rice Milling Unit (RMU) dengan kapasitas input Gabah Kering Giling (GKG) 5 - 7 ton/jam dan output beras 3 ton/jam. Juga ada driyer berkapasitas 30 ton Gabah Kering Panen (GKP) dan Silo 2 x 30 ton GKG. Sehingga ditargetkan dapat menyerap 1.000 ton GKP/bulan.


Pada kunjungan tersebut, Gubernur melihat bagaimana proses produksi mulai dari pengering gabah, pengupasan kulit padi hingga pengemasan yang menggunakan mesin modern. Ia juga diberi penjelasan tentang bagaimana alat tersebut mempersingkat waktu, sehingga tidak memerlukan waktu penjemuran padi hingga kering.(BG/MED)

TRENDINGMore