NEWSPERISTIWASUMUT

Pemkab Batubara Kembangkan UMKM Magang Ke Yogyakarta

Kamis, 01 September 2022, 15:20 WIB
Last Updated 2022-09-01T08:20:08Z

 

Ketua Dekranasda Kabupaten Batubara Ny Hj. Maya Indriasari Zahir foto bersama pada pendampingan pelatihan pelaku UMKM di bidang Handycraft Anyaman Pandan di Yogyakarta.

BATUBARA-BERITAGAMBAR : 

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Batubara bekerjasama Dekranasda melakukan pendampingan pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap pelaku UMKM di bidang Handycraft Anyaman Pandan di Yogyakarta.

  

Diharapkan pelatihan ini menjadi pemacu  mengembangkan kerajinan inovatif yang menarik di Batubara.

  

"Ini harapan kita nantinya, pelaku UMKM di Batubara dapat lebih berinovasi mengembangkan hasil kerajinan dan tidak kalah bersaing dengan daerah lain baik produksi dihasilkan," sebut Ketua Dekranasda Kabupaten Batubara Ny Hj. Maya Indriasari Zahir terkait program pengembangan UMKM melalui magang ke Yogyakarta, Kamis (1/9).

  

Sedangkan hasil yang telah dikerjakan selama pelatihan lanjut Maya, dapat dijadikan bekal yang kuat dan kewirausahaan yang mapan sebagaimana harapan.

 

Disamping menciptakan ladang usaha pekerjaan bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Batubara

 

Terlebih kondisi tanah air, setelah diterpa pandemi,  pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) ini sangat diperlukan  di masyarakat dan mendukung program pemerintah Pemberdayaan Ekonomi Nasional (PEN) melalui pengembangan UMKM.

 

Meningkatkan keterampilan para pengrajin agar lebih mampu untuk menghasilkan produk yang bernilai estetika yang tinggi dan berdampak terhadap pengembangan industri rumah tangga yang menghasilkan berbagai macam kreasi seni.


Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Arif Hanafiah, Kabupaten Batubara memiliki SDA dan SDM yang belum sepenuhnya terkelola dan dipergunakan secara baik oleh masyarakat, sehingga berkewajiban memberikan pendampingan pelatihan terhadap pelaku UMKM melalui program peningkatan kapasitas SDM khususnya di bidang Handycraft Anyaman Pandan di Yogyakarta.


Pelatihan berlangsung lima hari dari 22 s/d 27 Agustus 2022 dihadiri langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Batubara Ny Hj. Maya Indriasari Zahir beserta rombongan.(BG/BB) 



   


  

TRENDINGMore