INTERNASIONALNEWSPERISTIWASUMUT

Pengungsi Afghanistan Minta Tolong Pemprov Sumut Kirim Mereka ke Negara Dunia Ketiga

Selasa, 06 September 2022, 15:23 WIB
Last Updated 2022-09-06T08:23:01Z

Pengungsi Afghanistan Minta Tolong Pemprov Sumut Kirim Mereka ke Negara Dunia Ketiga.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Puluhan pengungsi asal Afghanistan minta tolong Pemprov Sumut untuk mengirim mereka ke negara dunia ketiga. 


Saat melakukan aksi di depan Pemprov Sumut, para pengungsi Afghanistan ini mengaku sudah lebih dari 10 tahun tinggal di Indonesia. 


"Kami meminta pertolongan dari pemerintah untuk memindahkan kami ke negara ketiga. Karena 10 tahun di sini sudah cukup," kata perwakilan pengungsi, Mohammed Juma, Selasa (6/9).


Dalam keterangannya, para pengungsi juga mengingatkan tugas International Organization of Migrant atau IOM untuk membantu penyelesaian tantangan dalam proses perpindahan ke negara dunia ketiga.


"Tanggung jawab utama mereka termasuk mendorong pemerintah untuk pembangunan sosial dan ekonomi yang legal dan sah," ucapnya.


Selain melakukan orasi, para pengungsi juga membawa poster yang berisikan permintaan pertolongan kepada pemerintah daerah untuk memohon perpindahan.


Dengan membawa payung, massa aksi terdiri dari berbagai usia mulai dari dewasa hingga anak-anak.


Pada saat aksi berlangsung, dua perwakilan Pemerintah Provinsi Sumut hadir menerima pengunjuk rasa, yakni Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus dan Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sumut, Naslindo.


Dalam kesempatan itu, Naslindo mengatakan pihaknya akan mencoba membahas tuntutan massa aksi dengan lembaga terkait.


Di antaranya UNHCR, IOM, dan perwakila Kementrian Luar Negeri.


"Dalam hal ini pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan terhadap pengungsi. Tetapi kami akan mencoba mencarikan solusi dengan membahas ini dengan lembaga terkait," ujar Naslindo.(BG/MED)

TRENDINGMore