NEWSPERISTIWASUMUT

PMI Diduga Disekap Di Malaysia, Ketua PKB Deliserdang Fasilitasi Pemulangan

Selasa, 06 September 2022, 14:57 WIB
Last Updated 2022-09-06T07:57:31Z

Rusni bersama Atase RI di Malaysia, dalam rangka persiapan pemulangan. 

 

DELISERDANG-BERITAGAMBAR : 

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Deliserdang H Said Hadi SE memfasilitasi pemulangan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Rusni 49, warga Dusun I Desa Lidah Tanah Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai (Sergai) yang diduga disiksa dan disekap majikan di Malaysia.


“Kami akan terus memonitor dan mengawal kasus ini dan berkoordinasi dengan otoritas setempat,” kata Ketua PKB Deliserdang H Said Hadi SE didampingi Sekretaris H Rakhmadsyah. Selasa (6/9).


Said Hadi menjelaskan, kejadian ini diketahui dirinya, setelah mendapat laporan tentang Rusni dari Pengurus PKB Ranting Tanjung Baru Haris Jafar dan anak Rusni, Ade Wardana. Berdasarkan pengakuan Ade Wardana, ibunya berangkat ke Malaysia pada 11 Desember 2018. Sejak itu, komunikasi kepada ibunnya terputus dan pada tanggal 20 Juli 2021 baru bisa dihubungi. "Lalu, kami menerukan informasi ini kepada Wakil Ketua DPW PKB Sumut Abdul Muin Pulungan yang kemudian sangat intens dengan masalah ini. Disamping itu pula ibu Dita Indah Sari, Ketua DPP PKB hadir dalam suatu acara PKB di Sumut, lalu masalah ini kita sampaikan juga. Atas peran beliau, kasus ini langsung dilaporkan ke KBRI dan atase kita di Kuala Lumpur," jelas Said Hadi.


Said Hadi yang merupakan Anggota DPRD Deliserdang ini mengakui, berdasarkan informasi yang dia dapatkan saat ini majikan Rusni sudah ditangkap Polis Diraja Malaysia (PDRM) dengan tuduhan melakukan tindak pidana mempekerjakan Rusni secara ilegal (tanpa ijin kerja). Rusni juga sudah dimintai keterangan dan akan ditempatkan di rumah perlindungan di Kelantan sampai penyelesaian kasus majikannya dan tuntutan haknya selama bekerja dari majikan tersebut terselesaikan, setelah selesai baru akan dipulangkan ke Indonesia. 


“Alhamdulilah, 10 hari kelar, tepatnya 2 September 2022 kemarin, dengan menempuh beberapa saat dalam perjalanan, pihak KBRI dan Polisi Diraja Malaysia (DPRM) mengawal langsung proses penjemputan ibu Rusni ke Kelantan,” ujar Said Hadi.


Said Hadi pun, menyampaikan terimakasih atas bantuan semua pihak yang telah menyelamatkan Rusni dari penderitaannya di rumah majikannya di Kelantan. “Alhamdulillah jugalah, kita bisa bermanfaat bagi masyarakat. Inilah bukti PKB siap berada dibarisan terdepan membela kepentingan rakyat,”ungkapnya. (BG/DS)



TRENDINGMore