ASLABEKONOMINEWSSUMUT

Ribuan Ekor Benih Ikan Ditabur Di Sungai Hessa Air Genting

Kamis, 29 September 2022, 15:58 WIB
Last Updated 2022-09-29T08:58:04Z

 

Ribuan ekor benih ikan ditabur di sungai Alam Desa Hessa Air Genting, Kecamatan Airbatu, Kabupaten Asahan.


ASAHAN-BERITAGAMBAR : 

Sebanyak ribuan ekor benih ikan Tawes, Siluang, Paitan dan Gurami ditabur di aliran sungai Alam Desa Hessa Air Genting, Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan, Kamis (29/9).


Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga ekosistem ikan di sungai. " Menjaga kelestarian ekosistem ikan di sungai adalah tanggung jawab semua pihak," kata Ketua Asosiasi Masyarakat Perikanan Kabupaten Asahan (Ampah) Ali Daruzah Sitorus di dampingi Sekretaris Edi Syahputra saat penaburan benih ikan tersebut.


Lebih lanjut dikatakannya, penaburan benih ikan ini akan terus berlanjut di seluruh wilayah Asahan yang benihnya bersumber dari swadaya Ampah bekerjasama dengan Balai Benih Ikan Dinas Perikanan Asahan . " Kita akan menabur benih ikan di seluruh sungai wilayah Asahan," kata Ali.


Sementara, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Rizaldi Situmorang dan Kepala Balai Benih Ikan Dinas Perikanan Asahan Asprin Tamba mengingatkan warga dan pemerintah desa saling sinergi menjaga kelestarian ekosistem sungai. " Kita siap mendampingi kapan saja dibutuhkan," kata mereka.


Kades Hessa Air Genting M Basri mengingatkan warga yang ingin menangkap ikan hendaknya dengan cara tradisional. " Jangan gunakan setrum, apalagi bom ikan karena itu merusak ekosistem," ujar Basri di dampingi Pendamping Desa Halimuddin Siregar.


Pada kesempatan itu Basri juga memberi apreasiasi kepada Ampah dan Dinas Perikanan yang berupaya melestarikan ekosistem sungai di Hessa Air Genting. " Mari kita jaga bersama supaya benih ikan yang ditabur berkembang biak di sungai Alam ini," kata Basri. (BG/AS)





TRENDINGMore