NEWS. MEDANPERISTIWAUMUM

Enam Anak Meninggal Dunia Alami Gagal Ginjal Akut, Ini Penjelasan Wali Kota Medan

Kamis, 20 Oktober 2022, 13:37 WIB
Last Updated 2022-10-20T06:37:02Z

Wali Kota Medan Bobby Nasution.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Enam anak di Kota Medan meninggal dunia akibat terkena penyakit gagal ginjal akut dalam dua pekan terakhir.


Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution usai menghadiri acara Dies Natalis USU yang ke-70, Kamis (20/10). 


Dijelaskan Bobby Nasution bahwa hingga saat ini data yang diterima oleh Pemko Medan dari Dinas Kesehatan ada delapan orang anak yang sudah terpapar penyakit gagal ginjal akut. 


"Dari laporan yang kami terima kemarin ada delapan kasus, enam diantaranya dinyatakan meninggal dunia," jelas Bobby Nasution 


Namun untuk update terkini hari ini, kata mantu Presiden Joko Widodo itu, masih menunggu laporan dari Dinas Kesehatan Kota Medan. 


"Karena update data itu selalu setiap sore namun saat ini belum ada laporan tambahan pagi hingga siang ini," jelasnya. 


Mengetahui angka pasien anak yang meninggal dunia sudah mencapai enam orang, Bobby menyatakan bahwa Pemko Medan sudah mengadakan rapat.


"Kemarin sore, dinas terkait sudah kita panggil dan mengadakan rapat khusus namun saat ini kita masih menunggu surat edaran dan instruksi arahan dari Pemerintah Provinsi Sumut dan Gubernur," jelasnya.


Bobby berharap surat edaran secara resmi dari Pemprov terkait langkah yang akan dikerjakan oleh Dinkes maupun Apotek sudah keluar hari ini.


"Mudah-mudahan hari ini sudah bisa keluar, nanti akan saya cek lagi, ini belum saya cek, kemarin katanya mau dikeluarin surat edarannya," jelasnya.


Untuk itu, Bobby menghimbau, agar kiranya masyarakat Kota Medan untuk tidak memberikan anak-anak yang sedang mengalami sakit obat-obatan dalam bentuk kemasan sirup yang mengandung parasetamol.


"Namun imbauan yang ingin kami sampaikan adalah terkhusus untuk para orang tua, dan juga para dokter tentunya untuk dalam waktu ke depan tidak menganjurkan dulu kepada anak kita untuk meminum obat sirup seperti yang sudah dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), obat sirup yang mengandung parasetamol, karena ada kandungan di dalamnya yang katanya kemungkin ini di duga penyebab dari kasus gagal ginjal ini," pungkasnya.


TRENDINGMore