NEWSPERISTIWASUMUT

Kapolresta Deliserdang Harap Wartawan Ramah Anak Jadikan Wartawan Berpedoman PPRA

Kamis, 13 Oktober 2022, 13:31 WIB
Last Updated 2022-10-13T06:31:47Z
Kapolresta Kombes Pol Irsan Sinuhaji, berfoto bersama Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang, Komnas PA Deliserdang Junaidi Malik, Sekretaris PWI Edward Limbong dan Ketua Panitia Pelaksana Amir.



DELISERDANG-BERITAGAMBAR : 

Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Deliserdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIK MH mengharapkan seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deliserdang dapat memberikan efek positif yang luas terkhusus wartawan pada Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), sehingga menghasilkan berita bernuansa positif.


Hal itu diungkapkan Irsan Sinuhaji saat menerima Panitia Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deliserdang, di ruang kerjanya Makopolresta Jalan Sudirman, Lubuk Pakam, Rabu (12/10).


"Jadi meski seminar tersebut terbatas pada 70 peserta sesuai dengan target, namun diharapkan efeknya bisa menggurita kepada wartawan lainnya sehingga pemberitaan khususnya terkait dengan anak bisa sesuai dengan aturan pemberitaan ramah anak," kata Irsan Sinuhaji.


Irsan Sinuhaji dalam kesempatannya 

juga memberikan masukan agar pelaksanaannya berjalan lancar, panitia juga harus membangun komunikasi dengan sejumlah stakeholder di lingkungan Pemkab Deliserdang yang diyakninya akan turut membantu karena tujuannya sangat baik.


“Karena nawaitunya (niatnya) sudah baik, Insya Allah akan ada nilai kebaikan yang akan diterima nantinya,” ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Kapolresta Deliserdang mengapresiasi dan mendukung kegiatan positif itu dalam upaya meningkatkan kapasitas wartawan ramah anak yang melakukan tugas-tugas jurnalistik sejalan pula dengan kode etik berlaku.


Menurutnya, konten tulisan (berita) wartawan yang dipublikasikan tentang anak akan dikonsumsi masyarakat sehingga diharapkan ada penguatan pesan-pesan dalam seminar sehari tersebut sehingga akan lahir pemberitaan yang ramah anak.


“Masyarakat tidak akan komplain dari berita tersebut. Tetapi yang mereka lihat adalah isi tulisannya sehingga etika penulisannya bisa disisipkan dalam penyampaian materinya,” ujar Kapolresta.


Sementara Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Deliserdang Lisbon Situmorang menguraikan, seminar sehari yang digagas merupakan bagian partisipasi dalam membangun Deliserdang bertujuan memfasilitasi peningkatan kapasitas wartawan dalam pemberitaan berbasis ramah anak. Seminar tersbut merupakan sinergitas PWI dengan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Deliserdang yang khusus berkonsentrasi dalam gerakan perlindungan anak sehingga diharapkan menjadi bagian edukasi untuk wartawan lebih ramah anak.


“Ending (akhir) kegiatan ini juga akan diinisiasi dengan deklarasi wartawan ramah anak sehingga akan membentuk karakter bahwa wartawan di Deliserdang sudah ramah anak dalam pemberitaannya,” terang Lisbon yang turut didampingi Ketua Komnas PA Deliserdang Junaidi Malik dan Sekretaris PWI Edward Limbong.  


Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Amirul Khair memaparkan, kegiatan akan digelar 26 Oktober 2022 akan diikuti maksimal 70 wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Deliserdang menghadirikan 3 narasumber berkompeten.

Ketiga narasumber yakni, Deputi Partisipasi Masyarakat (Permas) Kementerian Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Ketua Umum Komnas PA Pusat Arist Merdeka Sirait dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut Sugiatmo.


“Rencana awalnya kita minta kesediaan Ketua PWI Sumut menjadi narasumber. Namun saat audiensi kemarin, Ketua PWI Sumut mendelegasikan kepada Bapak Sugiatmo yang dinilainya sangat kompeten untuk memberi materi pemberitaan ramah anak,” kata Amirul.


Amirul berharap dukungan penuh zahir dan batin dari Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji sehingga kegiatan berjalan lancar serta menghasilkan hal terbaik dari tujuan dilaksanakannya seminar sehari wartawan ramah tersebut.(BG/DS).



TRENDINGMore