DAERAHNEWSPERISTIWASUMUT

Sungai Sinur Meluap, Tiga Dusun Di Desa Bukit Mas, Langkat Terendam Banjir

Rabu, 05 Oktober 2022, 14:47 WIB
Last Updated 2022-10-05T07:47:35Z

 

Ruas jalan penghubung Lingk VII Batang Selemak - Lingk IX Stasiun KA terendam banjir. 


LANGKAT-BERITAGAMBAR : 

Hujan deras yang melanda Besitang, Selasa (4/10) malam, membuat Sungai Sinur meluap dan merendam tiga dusun di wilayah Desa Bukit Mas, Kec. Besitang, Rabu (5/10).


Wilayah yang terendam, yakni Dusun Pantai Buaya, Dusun Sumberejo, dan Dusun Pantai Gading. Ketinggian air yang merendam ditiga dusun bervariasi antara 20 sampai 50 Cm. 


Sekretaris Desa Bukit Mas, Musa Putra Tarigan dihubungi Waspada mengatakan, hujan deras yang melanda, Selasa malam, menyebabkan air Sungai Sinur Meluap dan merendam pemukiman warga ditiga dusun.


Dia menjelaskan, ada sekitar 100 kepala keluarga (KK) terdampak banjir. Para warga, lanjutnya, berupaya menyelamatkan harta benda, namun demikian tidak ada warga yang mengungsi akibat peristiwa alam ini.


Sekdes mengatakan, situasi air saat ini sudah mulai surut. "Air kini sudah surut," ujar Musa Putra Tarigan seraya menghimbau warga agar tetap waspada mengingat curah hujan akhir-akhir ini masih relatif tinggi.


Hujan lebat juga menyebabkan ruas jalan menghubungi Lingk VII Batang Selemak - Lingk IX Stasiun KA, Kel. Bukit Kubu, terendam air dengan ketinggian selutut orang dewasa. 


Tidak hanya ruas jalan, tapi hamparan areal persawahan dan kebun sawit juga terendam. Meskipun demikian, luapan air tidak sampai mehambat mobilitas warga yang melintas di jalan penghubung antar kedua lingkungan itu.


Banjir kiriman dari hulu membuat aliran air sungai Besitang berwarna kuning pekat. Hal ini mengindikasi kawasan hutan TNGL di hulu sungai mengalami degradasi dampak dari berbagai aktivitas ilegal.


Menurut informasi yang diperoleh, aksi perambahan hutan, termasuk aksi illegal logging di kawasan hutan hujan tropis dataran rendah TNGL hingga kini masih berlangsung. (BG/LKT)



TRENDINGMore