EKONOMIINTERNASIONALNEWS

Presiden Jokowi Sambut Pemimpin Dunia di Venue KTT G20

Selasa, 15 November 2022, 09:21 WIB
Last Updated 2022-11-15T02:21:37Z

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai menyambut para pemimpin di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali.


BALI-BERITAGAMBAR :

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai menyambut para pemimpin di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali. Jokowi menyampaikan ucapan selamat datang di lobi depan venue utama KTT G20.


KTT G20 digelar di The Apurva Kempinski Bali seperti disiarkan secara langsung lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/11/2022). Para pemimpin lembaga dunia mulai datang ke venue KTT G20 sekitar pukul 08.00 Wita.


Para pemimpin lembaga itu turun dari mobil di depan The Apurva kemudian disambut oleh Dirjen Protokoler dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andy Rachmianto. Para pemimpin itu kemudian diarahkan menuju lobi depan dan disambut langsung oleh Jokowi.



Jokowi kemudian bersalaman dengan para pemimpin lembaga tersebut. Selain itu, Jokowi dan para pemimpin itu melakukan sesi foto bersama.



Mereka yang telah tiba di lokasi KTT G20 di antaranya Presiden ADB Masatsugu Asakawa, Direktur Jenderal ILO Gilbert F. Houngbo, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Muhammad Sulaiman Al Jasser selaku Presiden Islamic Development Bank (ISBD), Menlu Brasil Carlos Alberto Franca, PM Singapura hingga Utusan Khusus Perdana Menteri Fiji Ratu Inoke Kubuabola.


KTT G20 Indonesia G20 merupakan sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia. Anggota G20 merepresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.


Forum KTT G20 intens dilakukan setiap tahun dengan menghadirkan masing-masing kepala negara ataupun kepala pemerintahan. Tahun ini, Indonesia resmi memegang presiden G20 setelah sebelumnya diemban oleh Italia.



Dalam kepemimpinannya, Indonesia mengusung semangat pulih bersama dengan tema 'Recover Together, Recover Stronger'. Ada tiga isu prioritas dalam presidensi G20 Indonesia yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan.


KTT G20 Indonesia dilaksanakan di Bali pada 15-16 November 2022. Acara ini merupakan pertemuan puncak dari rangkaian agenda G20 selama presidensi G20 Indonesia.(BG/NET)

TRENDINGMore