ASLABNEWSPERISTIWASUMUT

Seorang Ibu Melahirkan Dalam Mobil Depan RS

Minggu, 06 November 2022, 14:45 WIB
Last Updated 2022-11-06T07:45:19Z
Ibu bayi Suryani, saat menjalani perawatan di RS Setio Husodo Kisaran, setelah melahirkan di dalam mobil.


KISARAN-BERITAGAMBAR : 

Seorang ibu hamil melahirkan bayi prematur di dalam mobil pribadi di parkiran saat tiba di RS Setio Husodo Kisaran, namun kondisi bayi secara umum dinyatakan sehat. 


Ibu bayi Suryani (38) warga Desa Hessa Air Genting, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan, Sabtu (5/11), di ruangan inap RS Setio Husodo, menuturkan bahwa usia kandungan baru tujuh bulan, dan lahir pada Jumat (4/11) dalam mobil. Namun sejak berusia empat bulan mengalami pendarahan dan dirawat di RS Setio Husodo. 


"Kemarin, sewaktu di rumah terjadi kontraksi, sehingga menggunakan mobil pribadi dilarikan ke RS, namun bayi sudah lahir dalam mobil," jelas Suryani. 


Sedangkan, Samat abang ipar Suryani, pembawa mobil, mengaku saat dibawa dari rumah menuju rumah sakit sudah mengerang kesakitan.


"Adek saya sudah mengerang kesakitan dari rumah, di dalam mobil sudah minta tolong saat sampai di parkiran Suryani sudah melahirkan," kata Samat. 


Menurutnya, adik iparnya baru kali ini melahirkan dengan cara tidak wajar. Sebab, ketiga anak sebelumnya, Suryani melahirkan secara normal. 


"Saya tidak menyangka adiknya akan lahiran dengan cara seperti ini (dalam mobil), padahal lahiran sebelumnya berjalan normal," jelas Samat. 


Sementara Kabid Pelayanan Kesehatan, RS Setio Husodo, dr Trisuci Rahmadani menjelaskan bayi tersebut telah lahir didalam mobil. 


"Pasien didampingi oleh bidan pendamping. Begitu sampai di sini, si bidan tersebut langsung masuk UGD dan mengatakan, tolong dibantu anak telah lahir dalam mobil. Jadi kami tidak tahu apakah bayi lahir di parkiran mobil, atau saat sedang dalam perjalanan," jelas Trisuci. 


Menurut Trisuci, bagian obgin langsung bergerak untuk menindaklanjuti bayi tersebut. Bahkan, sebelum dia daftar sudah ditangani. 


Menurut daftar riwayat pasien, bayi tersebut diperkirakan akan lahir pada tanggal 21 Januari 2023. Namun lahir pada, 4 November 2022, laki-laki dengan berat badan 1.650 Gram. 


"Bayi ini prematur dan dirawat di ruang khusus dalam tabung incubator. Sejauh ini bayi dan ibunya dalam kondisi sehat," jelas Trisuci. (BG/AS) 




TRENDINGMore