DAERAHNEWSSUMUTUMUM

Warga Heboh, Bunga Bangkai Tumbuh Subur Di Pamatang Sidamanik

Sabtu, 05 November 2022, 19:10 WIB
Last Updated 2022-11-05T12:10:51Z


Bunga Bangkai yang tumbuh subur dan mekar di Nagori Sait Buttu Saribu.

SIMALUNGUN-BERITAGAMBAR : 

Warga Nagori Sait Buttu Saribu, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, mendadak heboh karena munculnya tumbuhan bunga bangkai yang terlihat tumbuh subur persis di dekat sungai di daerah itu.


Tumbuhan langka itu, pertama sekali diketahui oleh warga, lalu diteruskan kepada Jamil, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Sait Buttu Saribu. Tumbuhan Amorphophallus Titanum atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bunga Bangkai itu tumbuh persis di lokasi Desa Wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Nagori (BUMNAG) Pamatang Sidamanik. 


Begitu mengetahui tanaman yang tumbuh jenis bunga bangkai, Jamil dan warga setempat langsung memasang pagar pengaman agar tumbuhan langka itu terawat dan aman dari jamahan manusia.


Warga juga menyebutkan, sepuluh tahun silam di lokasi yang sama juga sudah pernah tumbuh bunga bangkai jenis yang sama. Warga yang penasaran pun beramai-ramai datang untuk melihat langsung keberadaan bunga bangkai yang berada di lokasi desa wisata ini. 


" Tumbuhan langka ini mulai terlihat sejak 3 minggu lalu dan sekarang sudah mekar sejak 2 hari lalu dengan tinggi 115 Cm. Aromanya bau bangkai, tetapi tidak begitu terasa," ujar Jamil, Sabtu (5/11), seraya mengatakan kondisi terakhir, Sabtu (5/11) bunga bangkai itu sudah mulai layu.


Pangulu Nagori (Kepdes) Sait Buttu Saribu H. Ngatio mengatakan dengan adanya fenomena alam yang langka ini bisa lebih membuat nagori (desa) Sait Buttu lebih di kenal lagi dikalangan luas sehingga bisa menarik minat sekaligus meningkatkan pengunjung dan perekonomian warga setempag.


Harapan sama juga dikemukakan warga dan Jamil selaku Ketua Pokdarwis Kecanatan Pamatang Sidamanik, berharap keberadaan bunga bangkai in8 bisa mendatangkan rezeki, apalagi Nagori Sait Buttu Saribu memang merupakan Desa Wisata yang mulai ramai dikunjungi wisatawan untuk melihat panorama alam pedesaan dan produk unggulan warga setempat seperti Budidaya Madu dan produk UMKM.(BG/SMG).





TRENDINGMore