NEWSPERISTIWA PERTANIANSUMUT

Bupati DS Serahkan Alsintan Kepada Gapoktan Mandiri

Selasa, 20 Desember 2022, 20:18 WIB
Last Updated 2022-12-20T13:18:18Z

 

BUPATI Deliserdang H.Ashari Tambunan didampingi Kadis Pertanian Rahman Saleh Dongoran dan Camat Beringin H.Iskandar Sayuti Siregar menyalami salah seorang petani usai menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada Gapoktan Mandiri Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin, Selasa (20/12) sore.


DELISERDANG-BERITAGAMBAR :

Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan menyerahkan alat mesin pertanian kepada petani yang tergabung dalam Gapoktan Mandiri Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin dalam acara silaturahim dan kunjungan kerja anggota DPRD Sumatera Utara Ir.Hj.Anita Lubis di Kecamatan Beringin, Selasa (20/12) sore.


Kegiatan turut dihadiri antara lain anggota DPRD Sumatera Utara Ir.Hj.Anita Lubis, tokoh masyarakat Deliserdang yang juga mantan Sekdakab Deliserdang Darwin Zein, Asisten Perekonomian Putra Jaya Manalu, Kadis Pertanian Rahman Saleh Dongoran, Camat Beringin H.Iskandar Sayuti Siregar dan seluruh Kepala Desa se Kecamatan Beringin.


Dalam sambutannya, Bupati Deliserdang menyampaikan selamat pulang kampung kepada Ir.Hj.Anita Lubis dan terimakasih atas seluruh perhatian yang terus menerus diberikan kepada Deliserdang khususnya kepada Gapoktan Mandiri yang ada di Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin.


“Mudah-mudahan Kakak senantiasa sehat, murah rezeki, panjang umur, menjadi anggota dewan lagi dan semua do’a yang terbaik untuk Kakak. Begitu juga kepada Pak Darwin Zein”kata Bupati.


Lebih lanjut Bupati mengatakan, pertanian merupakan salah satu sektor terpenting bagi Kabupaten Deliserdang yang sudah lama dikenal sebagai daerah yang berswasembada dan menurut kajian selayaknya Deliserdang menggantungkan harapan pada bidang ini dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Menurut Bupati, Deliserdang punya tanah yang subur, luas dan memiliki petani yang memang mencintai pekerjaannya, berpengalaman serta menguasai masalah pertanian dan lebih dari itu Deliserdang jaraknya ke pasar adalah jarak terdekat dari seluruh wilayah Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.  


Dalam rangka untuk mengupayakan agar pertanian menjadi bidang pekerjaan yang bisa meningkatkan kesejahteraan, pemerintah melakukan banyak hal antara lain pemberian bantuan alat mesin pertanian seperti ini.


"Sekali lagi saya berterimakasih atas kepedulian wakil kita di DPRD Sumatera Utara Ir.Hj.Anita Lubis yang terus menerus mengingatkan Pemerintah Provinsi bahkan Pemerintah tingkat Nasional untuk selalu memberi perhatian dan dukungan kepada para petani Deliserdang khususnya petani di Kecamatan Beringin karena memang layak dan harus dibantu atas kelebihan yang ingin kita manfaatkan"kata Bupati.


Kepada para petani yang menerima bantuan, Bupati berharap agar dapat dipelihara alat mesin pertanian yang diberikan dan gunakan dengan sebaik-baiknya sehingga bermanfaat lebih lama.


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Deliserdang Rahman Saleh Dongoran, SP, MSi, dalam laporannya menjelaskan Kabupaten Deliserdang banyak menerima bantuan untuk kesejahteraan dan mempercepat pembangunan pertanian di Kabupaten Deliserdang. Pihaknya sudah mengupayakan ke Pemerintah Provinsi baik melalui DPRD maupun dana aspirasi bahkan ke Pemerintah Pusat untuk meminta bantuan selain daripada bantuan APBD Kabupaten Deliserdang.


"Alhamdulillah pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pusat banyak memperhatikan kita khususnya petani di Kabupaten Deliserdang. Bantuan yang kita peroleh itu bukan hanya alat mesin pertanian tetapi semua sub sektor pertanian mulai dari perkebunan banyak mendapatkan bibit unggul tanaman pertanian, alat pengental latex dan sudah dibagikan sesuai dengan tempatnya"jelas Rahman Saleh Dongoran.


Selain daripada itu, lanjut Dongoran, dari sektor holtikutura tanaman buah-buahan, sayuran juga banyak mendapat bantuan berupa bibit, obat dan pupuk.


Adapun jenis alat mesin pertanian yang diserahkan Bupati yakni traktor roda 4 (1 unit), traktor roda 2 (16 unit), kenderaan roda 3 (4 unit), power thresher (1 unit), handsprayer (16 unit), cultivator (3 unit) dan combine harvester (1 unit).- (BG/DS)



 




TRENDINGMore