NEWSPERISTIWASUMUT

Gubsu Hadiri Marsombuh Sihol dan Pagelaran Seni Budaya di Tebingtinggi

Minggu, 04 Desember 2022, 14:09 WIB
Last Updated 2022-12-04T07:09:25Z
Gubsu, H Edy Rahmayadi saat disambut oleh Pj Walikota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi,  dan seluruh panitia Marsombuh Sihol dan Pagelaran Seni Budaya Simalungun di GOR Asber Nasution, Kota Tebingtinggi


TEBINGTINGGI-BERITAGAMBAR : 

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H Edy Rahmayadi hadiri acara Marsombuh Sihol (Melepas Rindu) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Tebingtinggi, Sabtu (3/12) di Gedung Olahraga (GOR) Asber Nasution,  Tebingtinggi.


H Edy Rahmayadi beserta tiba dilokasi kegiatan Marsombuh Sihol dan Pagelaran Seni Budaya Simalungun sekitar pukul 16:40. Dan kehadirannya disambut meriah oleh seluruh tamu undangan yang berhadir.



Kegiatan Marsombuh Sihol dan Pagelaran Seni Budaya Simalungun turut dihadiri, Ketua Umum PMS, Marsiaman Saragih,  Ketua DPC PMS Kota Tebingtinggi, Iman Irdian Saragih, Pj Walikota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi,  Kapolres Tebingtinggi, AKBP M Kunto Wibisono, Danramil 13 TT, Kapten Inf Yudi, Kadis Pendidikan, Idham Khalid Daulay, Kadis Damkar dan Penyelamatan, serta seluruh tokoh adat Simalungun.



Tidak hanya para tamu undangan, Marsombuh Sihol masyarakat Simalungun ini juga dihadiri oleh ratusan orang masyarakat yang beretnis Simalungun. Dan terlihat mereka semua sangat antusias pada kegiatan Marsombuh Sihol yang diadakan oleh DPC PMS Kota Tebingtinggi, yang diketuai oleh Wakil II Ketua DPRD Tebingtinggi, Iman Irdian Saragih.



Dalam sambutannya, H Edy Rahmayadi mengatakan kalau kegiatan Marsombuh Sihol dan Pagelaran Seni Budaya Simalungun yang dilakukan oleh PMS Kota Tebingtinggi sangat lah bagus.



" Kegiatan ini sangat lah bagus, mengapa saya bilang bagus, karena kegiatan ini mampu mempererat tali silaturahmi masyarakat Simalungun yang ada di Kota Tebingtinggi dan sekitarnya, karena seusai tema kegiatan "Marsombuh Sihol" yang artinya temu kangen. Jika silaturahmi sudah dilakukan rezeki akan lancar, umur semakin panjang, dan badan semakin sehat", kata H Edy Rahmayadi.



Edy Rahmayadi juga menyampaikan bahwa dirinya datang ke acara Marsombuh Sihol ini bukan dalam rangka kampanye, melainkan dirinya senang jika ada acara silaturahmi adat maupun silaturahmi apapun itu.



" Saya datang kemari bukan untuk kampanye melainkan untuk silaturahmi dengan masyarakat saya, masyarakat Kota Tebingtinggi. Karena menurut saya kampanye itu tidak terlalu penting, karena kampanye itu hanya perintah partai, kalau silaturahmi itu perintah Allah SWT", tegas H Edy Rahmayadi.



Seusai memberi sambutan, Gubernur Sumatera, H Edy Rahmayadi langsung dipakaikan pakaian adat Simalungun yang bernama," Gottong dan Suri-suri" oleh Ketua Umum PMS, Marsiaman Saragih, SH.



Sementara itu, Ketua DPC PMS Kota Tebingtinggi, Iman Irdian Saragih, SE mengucapkan terimakasih kepada bapak Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H Edy Rahmayadi karena mau hadir di acara Marsombuh Sihol dan Pagelaran Seni Budaya Simalungun di Tebingtinggi.



" Saya ucapkan terimakasih kepada pak Gubsu, karena mau hadir di Tebingtinggi di acara Marsombuh Sihol yang kami lakukan. Dan dirinya menjelaskan kalau kegiatan Marsombuh Sihol dan Pagelaran Seni Budaya Simalungun ini diperuntukkan untuk generasi muda Simalungun di Kota Tebingtinggi, karena saya tidak ingin mereka melupakan budaya", kata Iman Irdian Saragih. (BG/TT)




 



Foto 2. Gubsu, H Edy Rahmayadi saat dipakaikan "Gottong dan Suri-suri" pakaian adat suku Simalungun oleh Ketua Umum Partuha Maujana Simalungun (PMS), Marsiaman Saragih, SH.

TRENDINGMore