EKONOMINEWSPERISTIWASUMUT

Penumpang di KNIA Meningkat, Maskapai Tambah Penerbangan

Rabu, 28 Desember 2022, 14:48 WIB
Last Updated 2022-12-28T07:48:19Z

Penumpang di KNIA Meningkat, Maskapai Tambah  Penerbangan.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

PT Angkasa Pura Aviasi mengatakan bahwa kondisi Bandar Udara Kualanamu saat ini ramai dengan penumpang yang akan melakukan perjalanan.


Meningkatnya trafic penumpang dikarenakan mudik di momen Natal maupun Tahun Baru yang berlangsung sejak puncak arus mudik pada H-1 Natal.


Meski BMKG telah mengumumkan prakiraan cuaca pada hari ini akan berpotensi hujan ekstrem dan badai di Jabodetabek dan Banten, namun penumpang dari Kualanamu tidak ada yang melakukan pembatalan perjalanan.


"Kita sudah Prediksi lonjakan penumpang akan terjadi pada titik arus mudik puncak jatuh pada tanggal 24 Desember 2022 dan untuk puncak arus balik tanggal 02 Januari 2023, Sejauh ini belum terdengar info pembatalan dikarenakan alasan cuaca," Ujar Heriyanto Wibowo Selaku Director of Operation PT Angkasa Pura Aviasi


Dalam mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang, sampai saat ini tercatat beberapa maskapai yang menyiapkan tambahan jumlah penerbangan atau (Ekstra Flight) seperti Garuda Indonesia dengan frekuensi 6 kali dalam seminggu, 1 ekstra flight dari Lion Air pada tanggal 22 Desember 2022 dan 1 ekstra flight dari Batik Air pada tanggal 23 Desember 2022.


"Dengan adanya Ekstra Flight maka di harapkan kuota penumpang yang akan melakukan perjalanan bisa terpenuhi dan imbang," ungkapnya.


Dalam rangka customer engagement beberapa kegiatan dilaksanakan untuk menghibur pengguna jasa Bandar Udara seperti, menghadirkan Robot waitress bernama "Bella" yang secara otomatis berjalan mengelilingi kawasan boarding lounge untuk menawarkan cemilan & minuman gratis kepada para penumpang.


Kemudian, selain Bella, hadir juga "Butet" si ecorobot yang selalu bersiap untuk membersihkan karpet di area ruang tunggu.


"Tak hanya itu saja, tersedia Live Music untuk menghibur pengguna jasa di atrium kedatangan pada Tanggal 24 Desember dan 31 Desember 2022, Pembagian Souvenir kepada penumpang, Kegiatan Flashmob, pawai pakaian daerah oleh petugas Bandar Udara dan hadirnya Santa Claus yang akan menyapa para penumpang anak-anak untuk memberikan hadiah," ungkapnya.


Pertunjukan Tarian Daerah serta seremonial pelepasan penumpang terakhir tahun 2022 dan penyambutan penumpang pertama di tahun 2023, Diharapkan dengan berlangsungnya serangkaian customer engagement tersebut dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi penumpang di Bandar Udara Kualanamu.


"Sebanyak 123.562 penumpang dan 978 pergerakan pesawat tercatat selama dimulainya periode posko tanggal 19 - 23 Desember 2022. Tambahan jumlah personel pengamanan baik internal maupun eksternal dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebagai dampak dari kenaikan penumpang, Kegiatan patroli mobil dan online report ke posko-posko dilakukan dengan optimal," Pungkasnya.(BG/MED)

TRENDINGMore