ASLABDAERAHNEWSSUMUT

Jalan Bergelombang Dan Minimnya Lampu Jalan Ancam Pengendara di Batubara

Senin, 09 Januari 2023, 14:58 WIB
Last Updated 2023-01-09T07:58:18Z
Jalan Bergelombang Dan Minimnya Penerangan Lampu Jalan Ancam Keselamatan Pengendara di Kabupaten Batubara.


BATUBARA-BERITAGAMBAR : 

Jalan Bergelombang dan minimnya penerangan lampu jalan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di Desa Petatal, Kec Datuk Tanah Datar, Kab Batubara ancam keselamatan pengendara, Senin(9/1).



Pantauan Waspada Senin(9/1), kondisi jalinsum yang berada di Desa Petatal, Kec Datuk Tanah Datar tersebut kondisinya cukup parah, aspalnya bergelombang dan ditambah dengan banyaknya lubang disekitarnya.



Kondisi tersebut tentu saja sangat membahayakan keselamatan pengendara, terutama pengendara roda 2 yang melintas di daerah tersebut. Apalagi saat malam hari, jalan tersebut tidak diterangi oleh lampu jalan, bisa dikatakan " gelap gulita".



Menurut keterangan Rizky Wahyuda, 28, warga Desa Tanah Hitam, Kec Lima Puluh, Kab Batubara, kondisi jalan bergelombang tersebut telah terjadi kurang lebih selama 5 tahun.



" Kurang lebih sudah beberapa tahun ini rusak jalan di Petatal, Kec Datuk Tanah Datar tersebut, dan sudah pernah ada kejadian laka lantas. Tidak hanya di daerah itu, hampir seluruh jalinsum di Kabupaten Batubara rusak parah", kata Rizky Wahyuda.



Sementara itu, Kasat Lantas Polres Batubara, AKP HW Siahaan saat dikonfirmasi Waspada terkait kejadian laka lantas di Wilayah Hukum (Wilkum) Polres Batubara mengatakan bahwa selama tahun 2022 ada 259 kasus laka lantas.



" Selama Tahun 2022, Sat Lantas Polres Batubara menangani 259 kasus laka lantas dengan korban meninggal dunia (MD) 91 jiwa, luka berat (LB) 124 jiwa, dan luka ringan (264) jiwa", kata AKP HW Siahaan.



Ketika dikonfirmasi Waspada, apa penyebab kecelakaan yang terjadi di Wilkum Polres Batubara, AKP HW Siahaan mengatakan ada beberapa penyebab utama kecelakaan, yang pertama, berkendara dalam kecepatan tinggi, kedua berkendara dalam kondisi mengantuk, ketiga kondisi jalan bergelombang atau berlubang, dan yang terkahir minimnya penerangan lampu jalan.



Dan dirinya menghimbau kepada seluruh pengendara agar tetap fokus dalam berkendara, dan dirinya berharap kepada pengendara yang sedang berkendara untuk tujuan jauh agar kiranya tetap memperhatikan kondisi tubuh, jika mengantuk maka istirahat lah dahulu, jangan terlalu memaksakan, utamakan keselamatan bukan kecepatan, katanya.(BG/AS)





TRENDINGMore