DAERAHNEWSPERISTIWASUMUT

Musrembang Desa Kalang Simbara, Minta Dibangun SMP

Senin, 30 Januari 2023, 13:46 WIB
Last Updated 2023-01-30T06:46:59Z

 

Pembangunan SMPN Di Desa Kalang Simbara Skala Prioritas  

SIDIKALANG-BERITAGAMBAR :

Pemerintah Desa Kalang Simbara melaksanakan Musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) Desa di Balai Desa Kalang Simbara Senin (30/1).



Dalam Musrembang Desa Kalang Simbara Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi, sejumlah usulan disampaikan masyarakat Desa Kalang Simbara kepada Pemerintahan Kecamatan untuk di sampaikan ke Pemerintah Kabupaten dengan harapan usulan prioritas di akomudir oleh pemerintah kabupaten dan direalisasikan.



Dalam musyawarah rencana pembangunan desa yang akan disampaikan kepada Pemerintah lebih tinggi, yakni Pemerintah Kabupaten, muncul pembahasan pembangunan skala prioritas di Desa Kalang Simbara yaitu, Pembangunan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Desa Kalang Simbara.


Selain pembangunan sekolah baru,juga usulan berbagai pembangunan infrastruktur, Kesehatan dan pembangunan Sumbar daya manusia.



Pada Musrembang tersebut Ketua Lembaga pemberdayaan masyarakat(LPM)Desa Kalang Simbara, Saut Ujung dan juga sebagai Tokoh Masyarakat Kalang Simbara menyampaikan, pada musyawarah desa sudah berulang kali diusulkan pembangunan sekolah SMP di desa Kalang Simbara dan disampaikan bahwa tanah lokasi pembangunan SMP Negeri dimaksud sudah tersedia seluas 1 Hektar.


Sementara, dalam musrembang desa itu yang paling pelik disampaikan Kelompok Tani yang ada di Desa Kalang Simbara adalah sulitnya memperoleh pupuk bersubsidi bagi petani di Desa Kalang Simbara.


Sedangkan untuk tenaga kesehatan ditemukan justru berlebih yang ditempatkan di Pustu di Desa Kalang Simbara.


Camat Sidikalang Swanto Sitakar dalam arahanya, semua hasil musyawarah rencana pembangunan desa merupakan masukan dari Desa Kalang Simbara akan menjadi usulan Desa yang akan di bawakan dalam Musrembang di tingkat Kecamatan dan menjadi usulan ke Pemerintah Kabupaten sedangkan tenaga kesehatan yang dinilai lebih di Pustu akan dijadikan sebagai masukan untuk di tinjau kembali,sebab tenaga kesehatan di desa yang lain sangat membutuhkan.


Camat Sidikalang juga mengatakan, dalam  mengajukan usulan dalam musrembang desa,sebelumnya harus tidak terjadi permasalahan saat akan dilakukan pembangunan.



Hadir dalam musrembang desa,Camat Sidikalang Swanto Sitakar, Babinkamtibmas, Tokoh masyarakat, Kader PKK, Petugas Kesehatan dari Puskesmas Batang Beruh,Petugas Pustu,BPD Kalang Simbara, Guru dan  undangan lainya.(BG/DA).



TRENDINGMore