NEWSSAMOSIR

Bupati Samosir Ikuti High Level Meeting TPID Provsu

Kamis, 09 Februari 2023, 18:03 WIB
Last Updated 2023-03-30T01:05:03Z

 

Bupati Samosir Vandiko T Gultom, Ikuti High Level Meeting TPID Provsu.

SAMOSIR-BERITAGAMBAR :

Bupati Samosir diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang, ST. MM mengikuti pelaksanaan Rapat Koordinasi Provinsi (Rakorprov)/ High Level Meeting (HLM) dan Capacity Building Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Se-Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 di Aula Tengku Rizal Nurdin Jl. Sudirman No. 41 Medan, Kamis (9/3).


Pertemuan yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi, dihadiri oleh unsur Forkopimda Provinsi Sumatera Utara, Bupati/Walikota Se-Sumut, Kepala BI, Kepala BPS, Bulog, SKPD Provsu dan SKPD Kabupaten/Kota Se-Sumut.


High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi perkembangan harga selama bulan Ramadhan dan menjelang hari Raya Idul Fitri 1444 H, dengan menitikberatkan pada langkah-langkah yang antisipatif dan mengacu pada pedoman 4K yaitu, keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.


Selain dari Bank Indonesia Perwakilan Provsu dan Badan Pusat Statistik Provsu, juga hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, diantaranya BUMD Food Station Jakarta dan BUMD Sarana Pangan Madani (SPM) Pekanbaru.


Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta agar mencari formula yang tepat mengatasi kenaikan inflasi jelang Bulan Ramadhan, menurutnya ini selalu menjadi masalah klasik dan harus segera diatasi agar masyarakat tidak kesulitan di bulan Ramadhan dan Idul Fitri.


Menurut Gubernur Edy Rahmayadi, batas atas inflasi Sumut saat ini adalah 3+1 sedangkan batas bawahnya 3-1. Oleh karena ini menurutnya, inflasi 5,88% sangat tinggi dan berpengaruh besar bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. 


Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara Doddy Zulverdy mengatakan Sumut cukup baik dalam mengendalikan inflasi. Bila dibandingkan bulan Januari, inflasi Sumut mencapai 5,99% (yoy) dan saat ini kenaikan harga bahan pokok menurutnya masih dalam batas wajar.


Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan TPID harus bekerja keras untuk mengatasi ini. Apalagi bahan pokok pangan di Sumut sebagian besar tersedia dan jumlahnya cukup.


HLM TPID Se-Sumatera Utara Tahun 2023 ini mengangkat tema, yakni “Optimalisasi Peran BUMD dalam Menjaga Kesinambungan Pasokan dan Stabilitas Harga”.(BG/TS)


TRENDINGMore