NASIONALNEWSPERISTIWAUMUM

Desa Lawe Hijo Agara Dilanda Banjir

Rabu, 01 Februari 2023, 09:16 WIB
Last Updated 2023-02-01T02:16:04Z

 

Desa Lawe Hijo Agara Dilanda Banjir.


ACEH TENGGARA-BERITAGAMBAR : 

Hujan deras yang akhir -akhir ini melanda daerah Aceh Tenggara, mengakibatkan Desa Lawe Hijo, Kecamatan Bambel Aceh Tenggara (Agara) dilanda banjir Selasa, (31/1) sekira pukul 19.55 WIB. 


Akibatnya, debit sungai Lawe Kinga naik, mengakibatkan  tanggul sungai Lawe Kinga Desa Buah Pala Kecamatan Lawe Sumur jebol, air meluap ke Desa Lawe Hijo dengan ketinggian air banjir saat ini sekitar selutut orang dewasa.


Hal itu disampaikan  Sekretaris BPBD Aceh Tenggara  Zulsapri Desky, Rabu (1/2). 


Dikatakannya, bangunan SDN, Masjid setempat, lahan perkebunan dan Pertanian warga rusak disertai berlumpur, korban terdampak masih dalam pendataan, upaya yang dilakukan melakukan kajian cepat dan pendataan, mengerahkan anggota TRC ke lokasi,"ujar Zulsapri. 


Dari info Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) diperkirakan hujan masih akan terus mengguyur wilayah kabupaten tersebut dalam beberapa hari ke depan untuk itu, dihimbau kepada masyarakat khususnya Kepala Desa agar terus memantau lokasi-lokasi titik rawan banjir di daerah masing-masing. 


Agar terus memantau lokasi lokasi rawan banjir baik bagi warga yang tinggal di pinggiran sungai maupun daerah yang rawan longsor.

 

"Jika terjadi banjir segera hubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Tenggara melalui nomor kontak resmi BPBD," imbuh Sekretaris menambahkan. (BG/NAS)



TRENDINGMore