DAERAHNEWSSUMUT

Lapas Klas IIB Tebingtinggi Terima Kunjungan Ditwatkeshab Kemenkumham RI

Jumat, 10 Februari 2023, 19:24 WIB
Last Updated 2023-02-10T12:24:25Z
Kalapas Klas IIB Tebingtinggi, Anton Setiawan, bersama seluruh pejabat utama Lapas saat berfoto bersama tim monitoring dan evaluasi Ditwatkeshab Kemenkumham RI.


TEBINGTINGGI-BERITAGAMBAR : 

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Kota Tebingtinggi dikunjungi oleh tim monitoring dan evaluasi Direktorat Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi (Ditwatkeshab) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, Jumat(10/2).



Kehadiran tim monitoring dan evaluasi Ditwatkeshab Kemenkumham RI di Lapas Klas IIB Tebingtinggi disambut langsung oleh Kalapas, Anton Setiawan, dan beberapa orang pejabat Lapas Tebingtinggi lainnya.



Pantauan wartawan, Surakhmat selaku Koordinator Kebutuhan Dasar dan Kesehatan Lingkungan Ditwatkeshab Kemenkumham RI bersama tim terlihat memeriksa secara detail kebersihan dan kelayakan sarana dan pra sarana yang ada di Lapas Tebingtinggi. Terutama kondisi dapur dan bahan makanan yang tersedia di Lapas Tebingtinggi.



Seusai mengecek seluruh kebersihan dan kelayakan seluruh sarana dan pra sarana yang ada di Lapas Tebingtinggi, Surakhmat kemudian diajak berkeliling seluruh wilayah Lapas oleh Kalapas, Anton Setiawan.



Sementara itu, Surakhmat menyampaikan bahwa kehadiran dirinya bersama tim ialah mendukung kegiatan uji petik Focus Group Discussion (FGD) perawatan, pemeliharaan sarana dan pra sarana kebutuhan narapidana, anak binaan tahanan, Lapas, LPAS, Rutan dan LPAK.



"Kunjungan tim monitoring dan evaluasi Ditwatkeshab Kemenkumham RI ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Dan kegiatan ini bertujuan untuk mengecek kondisi kebersihan di setiap sudut Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), LPAS, Rutan, dan LPAK. Guna mencegah adanya penyakit akibat kebersihan di Lapas, mengingat hampir seluruh lapas di Indonesia mengalami over capacity (Kelebihan Kapasitas)", kata Surakhmat.



Setelah kurang lebih 1 jam berkeliling, Surakhmat memuji kebersihan seluruh sarana dan pra sarana yang ada di Lapas Tebingtinggi, mulai dari kamar tahanan, klinik, dapur, ruang kerja tahanan, dan lapangan.



" Saya dan tim telah melihat seluruh sarana dan pra sarana milik Lapas Tebingtinggi, dan hasilnya sangat memuaskan, kondisinya cukup baik, dan seluruh fasilitas yang dimiliki dalam kondisi bersih, maka dari itu Kalapas Klas IIB Tebingtinggi, Anton Setiawan patut diapresiasi", ungkapnya.



Kemudian, Kalapas Tebingtinggi, Anton Setiawan, mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh tim monitoring dan evaluasi dari Ditwatkeshab Kemenkumham RI yang sudah mau berkunjung ke Lapas Klas IIB Tebingtinggi.



"Suatu kejutan bagi kami (Lapas Klas IIB Tebingtinggi) dapat dikunjungi oleh tim monitoring dan evaluasi Ditwatkeshab Kemenkumham RI, dalam rangka mengecek kelayakan serta kebersihan fasilitas Lapas, LPAS, Rutan, dan LPAK. Dan atas nama Lapas Klas IIB Tebingtinggi saya ucapkan terimakasih," kata Anton Setiawan.(BG/TT)




TRENDINGMore