KESEHATANNEWSSUMUT

17 Juta Orang Per Tahun Meninggal Akibat Penyakit Jantung

Jumat, 10 Februari 2023, 19:31 WIB
Last Updated 2023-02-10T12:31:22Z
Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Sumatera Utra (Sumut) Nawal Lubis mengapresiasi kegiatan sosialisasi, edukasi dan konsultasi tentang penyakit jantung bagi karyawan PT Telkom.


MEDAN-BERITAGAMBAR :

Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Sumatera Utra (Sumut) Nawal Lubis mengapresiasi kegiatan sosialisasi, edukasi dan konsultasi tentang penyakit jantung bagi karyawan PT Telkom Indonesia Regional 1 dan Telkom Akses, yang dilaksanakan Forum Silaturahmi Istri Karyawan Telkom (Forsikatel) Group TReg 1 Sumatera dan Forsitakel Group Telkom Akses.  


Hal ini disampaiakan Nawal Lubis saat menghadiri sosialisasi peningkatan pengetahuan pekerja mengenai kesehatan jantung (heart at work) di Gedung Graha Merah Putih, Jalan Putri Hijau Medan, Jumat (10/2).


"Saya berterima kasih kepada Forsikatel yang telah menginisiasi acara Heart At Work ini, karena pentingnya upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah," ujarnya.


Nawal lubis mengatakan, masalah kesehatan jantung masih menjadi masalah utama kesehatan nasional maupun internasional. Penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia, diperkirakan 17 juta orang meninggal setiap tahun akibat penyakit jantung.


"Saat ini penyakit jantung tidak hanya berisiko pada masyarakat usia 60 tahun, tapi juga mulai mengancam kelompok muda usia produktif," jelas Nawal.


Indonesia di tahun 2030 - 2040 mendatang, akan menghadapi bonus demografi, yaitu usia produktif jauh lebih banyak dibandingkan kelompok usia non produktif. 


Untuk itu, Nawal berpesan kepada masyarakat untuk memiliki kesadaran dan kepedulian menjaga kesehatan jantung, dengan menjaga pola hidup sehat. Antara lain dengan rajin berolahraga, sehingga terciptanya SDM yang berkualitas, sehat dan bebas penyakit jantung.


Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Sumut Faisal Habib mengatakan, masalah kesehatan jantung masih menjadi masalah utama kesehatan nasional maupun internasional. Karena sampai sekarang 5 tahun berturut-turut penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. (BG/MED)


TRENDINGMore