NEWSSUMUT

Pemkab Madina Serahkan Proposal Pembangunan Rp1,6 T ke Perantau di Jakarta

Senin, 27 Februari 2023, 18:23 WIB
Last Updated 2023-02-27T11:23:41Z

 

Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution dan Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi dijadwalkan berdialog dan bersilatrahmi dengan sejumlah perantau asal Madina berdomisili di Jakarta di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (27/2).


MADINA-BERITAGAMBAR:

Bupati Mandailing Natal HM Jafar Sukhairi Nasution menyerahkan proposal proyek akan dibiayai APBN sampai 2025 senilai Rp1,6 triliun. Diserahkan kepada sejumlah tokoh asal Madina berdemosili di Jakarta.


Itu juga, usulan Proyek Strategis Nasional (PSN) dibiayai APBN, swasta dan KPBU, yaitu Panyabungan Smart City, Kawasan Industri Batahan, PLTA Batang Gadis dan Jalur Kereta Api Labusel, Tapsel, Madina, Pariaman.


Informasi ini disampaikan Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution Senin (27/2).


Pemkab Mandailing Natal pada acara silaturahmi dan dialog bersama tokoh masyarakat Madina berdomisili di Jakarta dan pengurus Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D) di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin pukul 18.00.


Informasi dipetoleh, pertemuan tersebut dihadiri langsung Bupati Madina dan Wakil Bupati bersama beberapa OPD, di pihak tokoh masyarakat sudah mengonfirmasi kehadiran antara lain Todung Mulya Lubis, Darmin Nasution, Mulia P. Nasution, M. Azhar Lubis, Saipullah Nasution, Mansyur Nasution, dan Mayjen (purn) A.A. Nasution.


Dalam pertemuan tersebut, dibahas persoalan perekonomian Madina dan bagaimana upaya dilakukan ke depan sehingga persoalan infrastruktur, IPM, kemiskinan dan pengangguran dapat dikendalikan dan dientaskan..


Dijelaskan, ruang fiskal dalam APBD Madina sangat terbatas sementara kebutuhan anggaran untuk mencapai visi misi yang tertuang dalam RPJMD Madina tahun 2021-2026 sangat besar sehingga perlu mencari sumber pembiayaan baru baik berupa peningkatan porsi APBN, investasi swasta, KPBU dan pembiayaan perbankan.


Karena itu, dalam pertemuan tersebut Bupati Madina dan Wabup akan memaparkan secara komprehensif apa saja dilakukan kedepan dan gagasan serta kontribusi seperti apa yang diharapkan dari para tokoh kita dan TP2D, sehingga pembangunan ekonomi Madina dapat diselaraskan dengan Visi Indonesia 2045 yaitu Indonesia menjadi negara berpendapatan tinggi.


Terhadap tema tersebut, dikatakan, Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi akan tampil menyajikan pembahasan dengan topik “Kondisi Makro Ekonomi Madina, Permasalahan dan Solusi yang Diharapkan”, dengan peserta sekira seratus orang.


Bupati Madina menyerahkan proposal proyek akan dibiayai APBN sampai 2025 senilai Rp1,6 triliun dan usulan Proyek Strategis Nasional (PSN) akan dibiayai APBN, swasta dan KPBU, yaitu Panyabungan Smart City, Kawasan Industri Batahan, PLTA Batang Gadis dan Jalur Kereta Api Labusel, Tapsel, Madina, Pariaman


Diharapkan, melalui silaturahmi dan acara dialog pembangunan ini seluruh stakeholder dapat bergandengan tangan membangun Madina sehingga suatu saat kabupaten ini dapat duduk sejajar dengan kabupaten lain yang sudah maju.


Kolaborasi dan inovasi terus kita perkuat, kita harus terus berupaya tanpa kenal lelah mengurus daerah kita ini sehingga baik angka kemiskinan, pengangguran dan kerusakan infrastruktur dapat terus kita perbaiki.


“Kita jangan putus-putusnya bermohon kepada Allah SWT untuk diberikan kekuatan dan terus berusaha sehingga satu demi satu persoalan di depan mata dapat dibenahi tanpa lupa bersyukur dengan senantiasa membantu orang-orang susah di sekitar kita,” ujar Bupati Madina HM Jafar Sukhairi.(BG/MAD)


TRENDINGMore